6 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

by
April 22nd, 2015 at 3:15 pm

CiriCara.com – Ginjal merupakan organ penting dalam mengatur kesetimbangan antara asam dan basa, fungsi lain dari ginjal ini adalah mengatur tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk pembuatan sel darah merah, membantu mempertahankan kalsium untuk tulang. Begitu besarnya fungsi ginjal bagi tubuh kita, maka kitar harus selalu respon untuk menjaganya agar senantiasa mempunyai fungsi sebagaimana mestinya.

Ginjal

Ist

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan fungis ginjal yang sederhana dan alami.

  1. Aturan pola makan. Menjaga dan merawat kesehatan ginjal yang alami dan sederhana dengan memilih makanan seperti buah-buahan serta sayuraan yang ditanam tanpa obat kimia serta mengurangi makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebihan, yang utama adalah selalu mengkonsumsi makanan daging tanpa lemak serta makanan laut.
  2. Banyak gerak. Olahraga secukupnya dengan cara berjalan-jalan atau bergerak langkah demi langkah, lari-lari kecil mengelilingi kampung, atau cukup berjalan di dalam ruangan rumah. Jangan malas berolahraga, kesehatan akan terjaga dan tidak gampang kena penyakit karena adanya aktivitas menggerakkan badan.
  3. Menjaga berat badan. Kegemukan atau kegendutan harus dihindari karena tumpukan lemak pada tubuh, membuat percaya diri menjadi minder dan menakutkan, selain mempengaruhi emosi kegemukan yang berlebih sangat tidak baik bagi kesehatan karena organ tubuh akan bekerja lebih banyak karena untuk mengikis tumpukan lemak dalam tubuh.
  4. Hindari rokok dan alkohol. Merokok boleh-boleh saja tetapi jangan berlebihan karena hisapan asap akan merubah paru-paru juga ginjal, begitu juga dengan alkohol malah dijauhi disamping dilarang agama Islam, juga tubuh akan mudah terserang penyakit yang mematikan.
  5. Pantau tekanan darah. Adanya serangan binjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Hasil penelitian selama lima tahun terakhir ini diperoleh data bahwa sebanyak 40% penyakit ginjal dikarenakan oleh tekanan darah yang tinggi.
  6. Hindari Stres. Orang boleh berpikir, tetapi jangan terlalu berlebihan untuk berfikir karena bila berfikir yang over maka akan menimbulkan stress yang berkepanjangan sehingga akan menyerang pada bagian vital yang berupa ginjal. Otak bekerja (berfikir) pada masanya, bila memang menimbulkan pusing kepala karena setelah berfikir maka beristirahatlah.

Demikian tentang 6 cara menjaga ginjal agar tetap sehat.

*Dikutip dari beberapa sumber

Penulis: MasArif

Artikel lainnya: 3 Penyakit yang Sering Menyerang Ginjal

Comment di sini