8 Manfaat Kecambah untuk Kesehatan

by
April 22nd, 2015 at 8:30 am

CiriCara.com – Kecambah merupakan tumbuhan termasuk golongan sayuran dan yang biasa digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk campuran masakan seperti sayur asem, bakso, soto mie, sop ayam dan lain sebagainya. Kecambah sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan tubuh, disamping sebagai pembersih darah dalam tubuh juga dapat memperkuat kekebalan tubuh agar terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Kecambah

Ist

Kecambah juga dapat dijadikan obat karena mempunyai sifat mempromosikan kesehatan. Kecambah juga mempunyai biji, biji tersebut mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi karena kecambah mengandung konsentrasi nutrisi yang lebih besar seperti vitamin E, zat besi, bahan kimia nabati, potassium, antioksidan, kemo protection, bioflavonoid dan protein. Kaya akan nutrisi seperti seng, niacin, folat, riboflavin, magnesium, tembaga yang sangat baik untuk kesehatan rambut.

Kecambah mempunyai banyak jenis diantaranya adalah kacang kedelai, kacang polong, kacang hijau, kacang pinto, kacang hitam, kacang merah dan kacang garbanzo. Adapun manfaat kecambah untuk kesehatan, sebagai berikut:

  1. Karena mengandung vitamin C, terbukti kuat bahwa kecambah dapa meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami dan sehat. Antioksidan pada kecambah dapat menghilangkan radikal bebas pada rambut sehingga rambut tidak lemah, rapuh dan tipis, kecambah juga dapat mengatasi kebotakan pada kaum pria.
  2. Kecambah dapat meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki kapiler, memperkuat. Membantu dalam tubuh menghasilkan pembuluh darah yang baru serta dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan folikel.
  3. Vitamin A pada kecambah bermanfaat merangsang folikel rambut dan mendorong kulit kepala, akar rambut menjadi kokoh.
  4. Vitamin K pada kecambah membangun protein di kulit kepala sehingga menjadikan helaian rambut menjadi kuat.
  5. Kecambah akan kaya zat besi, dimana sangat dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh termasuk kulit kepala, helai rambut dan akar rambut, kekurangan zat besi akan menyebabkan kerontokan pada rambut.
  6. Mengkonsumsi secara terus menerus kecmbah dapat menyebabkan kilauan dan elastisitas pada rambut. Kecambah yang mengandung omega-3 penting untuk menutrisi folikel rambut dan memerangi rambut yang kering dan rapuh, mengembalikan rambut rontok juga mencegah rambut kusam.
  7. Kandungan kecambah yang mengandung vitamin B dapat membantu pembentukan kulit yang sehat.
  8. Untuk diet, kecambah dapat meningkatkan proses penyembuhan dan peremajaan kulit. Juga dapat menyembuhkan luka yang lebih cepat serta dapat dijadikan pengganti jaringan yang rusak, dapat mencerahkan kulit.

Penulis: MasArif

Comment di sini