Apa Itu Cheerleader?

by
April 22nd, 2015 at 8:40 am

CiriCara.com – Apakah kamu suka menonton pertandingan basket? Ketika pertandingan basket akan dimulai, pasti ada pemandu sorak yang turun ke tengah lapangan. Mereka cantik dan berpakaian mini, menari, meloncat, dan membuat formasi-formasi unik yang membuat kita berdecak kagum. Tim lincah inilah yang disebut cheerleader. Bagaimana awal mula cheerleader?

ICC Heroes Jawa Timur

Ist

Cheerleading pertama kali muncul ketika pertandingan sepak bola antara tim Princeton dan Rutgers pada tahun 1869. Namun, di era ini cheerleading masih disebut yell teams dan dibawakan oleh para siswa laki-laki.

Pada tahun 1924 Stanford University menjadikan cheerleading sebagai salah satu bagian dari kurikulumnya. Pada mata kuliah ini, diajarkan teori kepemimpinan yang meliputi psikologis kepribadian, penggunaan suara yang benar, serta pengembangan kepribadian.

Mulai tahun 1940, lebih dari 30.000 sekolah tinggi mempunyai tim pemandu sorak. Namun, ketika laki-laki banyak dikirim ke medan Perang Dunia II, cheerleading mulai dilakukan oleh perempuan.

Apakah ada film tentang cheerleading? Yup, pada tahun 2000 sebuah film berjudul Bring It On dirilis. Film yang dibintangi Kirsten Dunst ini menceritakan tentang kompetisi pemandu sorak di sebuah sekolah bernama Universal Cheerleaders Association High School. Film ini memiliki 4 sekuel yaitu Bring It On Again, All or Nothing, In It to Win It, dan terakhir Fight to the Finish. Sejak itu, dunia cheerleading semakin menjadi tren di seluruh dunia.

Tahukah kamu, setiap anggota tim cheerleader memiliki tugas masing-masing. Jika dikelompokkan, ada 3 macam pemain cheerleaders dalam sebuah tim. Dalam cheerleading, pemain yang menjadi pusat perhatian ialah flyer. Ia akan melompat ke atas. Tugas flyer adalah mengunci badan dan tidak boleh melihat ke bawah.

Ada pula spotter, yaitu pemain yang bertugas menangkap jatuhnya flyer setelah flyer melompat. Spotter mengandalkan pergelangan tangan. Karena posisi ini sangat beresiko, maka spotter harus selalu waspada, berpikir cepat, serta berbadan tinggi besar.

Pemain cheers yang selalu berada di bawah, bertugas mengangkat dan melempar flyer, disebut base. Pemain base harus selalu melihat flyer. Ia pun harus mempertahankan keseimbangan flyer dan memastikan agar flyer tidak terjatuh. Base mengandalkan kekuatan tumpuan kaki dan tangan. Pemain base ada dua macam, yakni main base dan secondary base. Jadi, para cheerleader cantik ini tak sekedar lompat-lompat, lho!

Penulis: Khaeriya

Comment di sini