Cara Jadi Pengusaha Sukses Ala Putri Tanjung

by
April 22nd, 2015 at 9:06 am

CiriCara.com – Putri Indahsari Tanjung atau yang dikenal sebagai Putri Tanjung merupakan salah satu pengusaha muda sukses Indonesia. Menginjak 18 tahun, berbagai penghargaan pengusaha muda telah ia raih. Gadis tersebut juga berhasil membangun bisnis event organizer (EO) yang membawanya jadi pembicara wirausaha di berbagai kampus. Atas pencapaian ini, ia berhasil membuktikan bahwa kesuksesannya tidak bergantung pada sang ayah, Chairul Tanjung. Apa rahasianya?

Putri Tanjung

Putri Tanjung – Ist

Prestasi

Sebelum terkenal sebagai pengusaha muda sukses di Indonesia, Putri Tanjung telah memperoleh banyak penghargaan di sekolahnya. Ia meraih Academic Excellent serta School Captain di Australian International School, Singapura.

Putri juga dinobatkan sebagai The Youngest Rising Creative Entrepreneur 2014 oleh Prestige Magazine. Tidak hanya itu, gelar The Most Inspiring Young Adult 2014 juga dilekatkan padanya oleh berbagai portal dan majalah.

Sejak Kecil

Potensi dirinya dalam bidang EO sudah terlihat sejak usia belasan tahun. Sejak SMP, Putri sudah dipercaya untuk menyusun acara sekolah dari konsep hingga rundown. Ia kemudian jatuh cinta pada dunia EO.

Berpikir Kreatif

Menurut Putri, setiap orang harus memiliki kreativitas agar punya nilai tambah. Untuk itu, orang tersebut harus berpikir kreatif. Ini juga yang menjadi latar belakang berdirinya EO Creativepreneur Corner.

Keluar dari Zona Nyaman

Putri menuturkan, ia tidak mau menggunakan nama besar ayahnya sebagai pemilik CT Corp. Ia pun sama sekali tidak memperoleh modal uang dari sang ayah. Menurutnya, seseorang bisa melakukan sesuatu yang diinginkan asal mau bekerja keras dan susah.

Mau Susah

Terlepas dari peran ayah, Putri harus mencari sumber pendanaan sendiri untuk bisnisnya. Gadis tersebut harus menempuh macet dan pulang malam untuk bertemu berbagai sponsor. Namun, banyak pihak yang menolak karena menganggap idenya aneh.

Kena marah, dicaci maki, tidak tidur berhari-hari hingga menangis sudah jadi makanan gadis mandiri ini. Dedikasi membuatnya mampu menghadapi kesulitan itu dan jadi terbiasa.

Passion

Apa yang jadi tameng Putri untuk melewati berbagai tantang tersebut? Jawabnya ialah passion. Kalau sudah suka, seseorang tidak akan gentar menghadapi berbagai kesulitan. Putri pun malah menikmati segala pengorbanan dan letih yang ia lalui.

Memanfaatkan Jaringan

Putri tidak menyangkal keberuntungannya sebagai anak Chairul Tanjung yang memiliki banyak koneksi. Tapi, bukan di situ poinnya. Menurut Putri, nilai plus seseorang ialah bagaimana ia menggunakan jaringan sebaik mungkin. Anak siapa pun, jika tidak bisa menggunakan jaringan tersebut maka akan percuma.

Tim yang Solid

Putri menganggap timnya sebagai keluarga kedua. Salah satu partnernya yang akrab disapa Kang Noi, menuturkan sosok Putri yang tidak menggurui. Dara tersebut dinilai sebagai sosok yang bisa menerima masukan dan memandang kelebihan anggota tim lainnya.

Didikan Orang Tua

Sejak kecil, Putri dididik ayahnya untuk tidak berpikir instan. Meski berasal dari keluarga berada, keinginannya tidak selalu dituruti. Kedua orang tuanya juga percaya bahwa anak seusia Putri bisa mengemban tanggung jawab besar. Keluarga juga maklum jika waktu bersama Putri harus terpotong oleh kesibukannya.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini