Tenyata, BBM Lebih Unggul dari WhatsApp

by
April 22nd, 2015 at 2:37 pm

CiriCara.com – Penggunaan Blackberry Messanger (BBM) dan WhatsApp memang memberi banyak keuntungan bagi para pengguna, salah satunya hemat pulsa. Kedua aplikasi ini boleh dibilang terus bersaing sehingga menampilkan selisih tipis pada angka statistik penggunannya. Namun, rupanya, BBM masih unggul dari WhatsApp. Mengapa?

WhatsApp vs BBM

Ist

- Bikin Lebih Betah

Data-data menunjukkan pengguna lebih betah menggunakan BBM dibanding WhatsApp. Hal ini diungkapkan oleh salah satu perusahaan analis mobile, Quettra. Angka-angka menunjukkan persaingan yang ketat antara BBM dan WhatsApp.

- Minggu Pertama

Pada minggu pertama, WhatsApp memang lebih unggul. Aplikasi ini terbukti membuat penggunanya betah berlama-lama untuk memainkan aplikasi tersebut. Tujuh hari pertama, 90% pengguna WhatsApp memperlihatkan indikasi betah. Angka pengguna yang betah dengan BBM hanya 89% saja, selisih 1%.

- Sebulan Pertama

Kenyataan berubah saat memasuki sebulan pertama pemakaian kedua aplikasi itu. Angka pengguna WhatsApp yang betah tetap bertahan pada 90%. Sementara itu, pengguna yang betah memakai BBM naik jadi 94%.

Android merupakan penyumbang pengguna paling banyak untuk BBM. Ada lebih dari 140 juta pengguna baru dari Android dan iPhone. Jumlah download aplikasi BBM di Android menembus angka 100 juta. Kabar menariknya, Indonesia merupakan pasar penting untuk pilot project BBM Game, BBM Money, dan sticker contest.

- Sama-sama Turun

Sayangnya, penggunaan kedua aplikasi instan tersebut menurun saat memasuki bulan kedua. Ini menandakan bahwa para konsumen mulai jenuh. Jumlah pengguna yang masih betah memakai WhatsApp anjlok ke angka 80%. Hal ini juga terjadi pada BBM yang menunjukkan selisih penurunan 5%. Jumlah pengguna yang masih betah dengan aplikasi ini ialah 89%. Angka tersebut masih lebih unggul dari WhatsApp.

- Paling Favorit

Hasil analisis menunjukkan BBM dan WhatsApp menjadi primadona dalam layanan pesan instan. Pengguna kedua aplikasi tersebut menempati posisi teratas.

- Objek Riset

Sebenarnya, penelitian yang dilakukan Quettra tidak hanya melibatkan layanan pesan instan saja tetapi juga layanan media sosial lainnya. Seperti sudah mutlak, jawara riset ini bisa ditebak, yaitu facebook. Rintisan Mark Zuckerberg itu merupakan media sosial yang paling betah dipakai penggunanya.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini