10 Aksi Cinta Bumi

by
April 23rd, 2015 at 8:42 am

CiriCara.com – Sadarkah kita bila selama ini ada sangat banyak hasil bumi yang sudah kita nikmati. Bahkan mungkin hingga kini dan seterusnya kita pun masih membutuhkan hasil bumi tersebut. Namun, ironisnya kita jarang untuk menunjukkan sikap berterimakasih. Malah cendrung semakin mengeksploitasi.

hari bumi versi islam

Hari Bumi – Ist/Nipic.com/gdfpd

Sudah saatnya kita perduli terhadap kelestarian alam. Ini bukan lagi hanya sekedar tugas pokok bagi mereka sang aktivis pencinta alam atau organisasi yang fokus pada masalah lingkungan. Sebenarnya sama sekali enggak sesulit yang sempat terlintas dalam benak. Memberi kontribusi positif bagi bumi dapat kita lakukan melaui aktivitas sehari-hari.

Tak sulit untuk menjaga lingkungan sekitar agar lebih baik. Satu langkah peduli punya peran untuk bumi. Berikut kegiatan sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menunjukan rasa terimakasih kepada planet yang kita tempati bersama ini.

1. Bersihkan kaca rumah dengan campuran cuka dan air daripada memilih menggunakan produk berbahan kimia.

2. Tahukah kamu kalau ternyata mandi menggunakan air dingin dapat hemat energi setara 100.000 barel minyak per hari.

3. Daripada kamu menggunakan tisu sekali pakai, lebih baik gunakan koran lama atau pakaian bekas untuk mengelap kotoran di rumah kamu.

4. Gunakan tangga dari pada lift. Selain sehat, kamu bisa turut membantu mengurangi pemakaian listrik. Itung-itung sekalian bakar kalori juga kan.

5. Maksimalkan penggunaan dua sisi kertas. Bayangkan, satu batang pohon berusia muda hanya bisa menghasilkan satu rim kertas. Tapi selama file masih bisa disimpan secara softcopy lebih baik kamu tidak nge-print sesuatu yang tidak terlalu genting.

6. Buat kalian yang sering punya waktu ‘ekstra spesial’ tiap kali mandi. Lebih baik percepat waktu mandi kamu minimal dua menit dari biasanya. Dari kebiasaan sesimple tersebut ternyta mampu menghemat 10 galon air.

7. Gantilah bohlam dengan lampu neon. Lebih baik jika pakai lampu LED yang hemat energi.

8. Matikan air ketika sedang menyabuni tangan dan nyalakan kembali saat membilas.

9. Minta bank kirim e-statement ketimbang mengirim laporan rekening yang butuh banyak kertas.

10. Ajak orang-orang terdekat kamu untuk ikut lakukan sembilan hal yang simpel ini.

Penulis: *Siahaan Rona*

Comment di sini