4 Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

by
April 23rd, 2015 at 9:18 am

CiriCara.com – Pear atau Pir merupakan jenis buah yang paling aman dikonsumsi oleh wanita hamil, buah ini mempunyai ciri-ciri yang rendah kalori dan buah pir mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. Ada beberapa varietas buah pir yang dapat dipilih oleh ibu hamil untuk diet seperti Barltlett, Bosc, Anjou, Starkrismon dan Comice. Selain buah pir yang dapat dikonsumsi begitu saja, maka buah pir tersebut dapat dimasak dan untuk dijadikan makanan sesuai seleranya.

Buah Pir

Buah Pir – Ist

Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil tentang kemanfaatan makan buah pir, sebagai berikut:

  1. Asam Folat. Satu buah pir mengandung 12 mikrogram asam folat, walaupun tidak terlihat banyak, maka ibu hamil wajib mengkonsumsi buah pir tersebut selama kehamilan. Asam folat sangat penting bagi ibu hamil terutama pada kehamilan pertama, asam folat atau vitamin B9 sangat berperan penting dalam pencegahan tabung saraf pada janin. Keterbelakangan mental bagi bayi menjadi resiko ketika sang ibu semasa kehamilan kekurangan asam folat tersebut.
  2. Vitamin C. Kandungan buah pir terdapat vitamin C sekitar 7 miligram, yang merupakan 11 persen dari asupan harian yang dibutuhkan oleh wanita hamil ataupun tidak hamil. Vitamin C ini sangat berguna untuk membantu tubuh dalam melawan infeksi dan faktor ini penting dalam masa kehamilan. Mengkonsumsi buah pir  atau makanan lainnya seperti kacang, beras dan daging dapat membantu dalam menyerap zat besi, kekurangan zat besi selama kehamilan yang membuat vitamin C ini sangat dibutuhkan.
  3. Banyaknya serat. Buah pir mengandung banyak serat yang sangat bagus dan membantu meringankan sembelit, sembelit ini biasanya dialami oleh wanita hamil. Apabila ibu hamil sering mengkonsumsi suplemen maka terkena sembelit akan terkena. Oleh karena itu makanan yang mengandung serat ini sangat dibutuhkan. Mengkonsumsi buah pir sekaligus dengan kulitnya akan mendapatkan kandungan serat yang lebih banyak.
  4. Banyaknya kalori pada buah pir. Selama  kehamilan, jangan pernah khawatir kehilangan kalori, pir tidak akan membuat berat wanita hamil meningkat, akan tetapi satu buah pir mengandung 100 kalori. Karena seratnya cukup tinggi, maka buah pir dapat mengenyangkan serta  memberikan cukup energi, apalagi buah pir mengandung karbohidrat sederhana yaitu glukosa dan fluktosa yang dengan mudah dicerna sehingga akan memberikan energi yang sehat.

*Dikutip dari beberapa sumber

Penulis: MasArif

Artikel lainnya: Funashi, Si “Pir” yang Populer dari Jepang

Comment di sini