Apa Itu Katalog?

by
April 23rd, 2015 at 9:06 am

CiriCara.com – Anda yang gemar berbelanja pakaian bermerek, pasti tak asing dengan istilah katalog. Namun, katalog tak hanya digunakan untuk produk komersil. Apa itu katalog?

Katalog

Contoh katalog – Ist

Katalog atau katalogus adalah daftar yang berisi nama-nama, tempat, atau barang-barang. Dalam pengertian  khusus, katalog yang dikenal dalam dunia perpustakaan, adalah daftar  bahan pustaka atau koleksi yang dimiliki oleh satu atau beberapa perpustakaan yang  disusun menurut sistem tertentu. Jika kamu sering mengunjungi perpustakaan, maka bahan pustaka meliputi buku, terbitan berkala, slide, piringan hitam, pita kaset, microfilm, CD ROM dll.

Katalog berfungsi sebagai wakil ringkas dari dokumen atau bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan. Selain itu, katalog dapat digunakan sebagai sarana untuk menemukan kembali buku yang terdapat dalam koleksi perpustakaan. Dalam dunia komersil, katalog mempermudah konsumen untuk menemukan produk yang dicari atau akan dibeli.

Bentuk fisik katalog bermacam-macam, digolongkan ke dalam empat jenis. Ada katalog berbentuk kartu. Katalog ini biasanya berukuran 7 x 12 cm. Bentuk inilah yang paling banyak digunakan perpustakaan. Di perpustakaan, katalog yang berbentuk kartu  umumnya telah tersusun secara sistematis dalam laci-laci katalog dapat menerima entri-entri baru tanpa mengubah susunan yang ada.

Ada juga katalog yang berbentuk lembaran-lembaran lepas, kemudian dijilid menjadi satu atau menyerupai buku. Katalog seperti ini tak hanya terdapat di perpustakaan, tetapi juga diproduksi sebagai katalog produk pakaian, elektronik, dan lain-lain.

Lalu ada katalog berbentuk tercetak. Setelah uraian-uraian katalog disusun menurut sistem tertentu, kemudian dicetak menjadi semacam bibliografi (daftar pustaka) sebanyak yang diperlukan. Kelebihannya, katalog jenis ini dapat diperbanyak dan dibawa kemana-mana. Tetapi, katalog ini tidak dapat menerima entri-entri baru.

Katalog elektronik muncul berkat kemajuan di bidang teknologi informasi seperti komputer. Katalog ini berada dalam suatu basis data di komputer, sehingga tidak perlu lagi diadakan penyusunan dengan sistematika tertentu seperti bentuk lainnya. Kelebihan katalog jenis ini adalah lebih cepat dan mudah diakses, menghemat tenaga dan biaya dalam pembuatannya, dan entri-entri baru dapat dimasukkan setiap saat. Kelemahannya, jika listrik padam, maka tidak bisa dipergunakan. Menurut Anda, katalog jenis apa yang paling enak dipakai?

Penulis: Khaeriya

Artikel lainnya: 4 Keuntungan Membuat Katalog Promosi

Comment di sini