Apa itu Ubi Jalar dan Talas?

by
April 23rd, 2015 at 1:30 pm

CiriCara.com – Di belahan negara manapun yang namanya talas dan ubi jalar merupakan kelompok umbi-umbian yang menjadikan makanan favorit terutama dengan kandungan gizinya yang tinggi.

Talas

Talas – Ist

Talas

Talas 100 gram kukus tanpa bumbu, mempunyai 142 kalori yang berasal dari karbohidrat, dan hebatnya lagi dalam 100 gram berlemak sekitar 0,75 gram, adapun seratnya yang sebanyak 5.3 gram. Dari semuanya jumlah tersebut sudah memenuhi kebutuhan serat sehari-hari sekitar 20.5%, dan serat tersebut sangat berguna untuk memperlancar kerja pencernaan.

Talas dianggap pintar karena dapat menjaga kolesterol darah, dan bagi seorang yang menjalani program penyembuhan dan gangguan kolesterol tinggi, talas sangat penting dan layak dipilih. Mengkonsumsi talas juga dapat mencegah jantung dan tekanan darah tinggi. Bila talas di rebus tanpa tambahan apapun atau 100 persen dari kolesterol, kandungan pada talas seperti sodium dalam 1 cangkir sebanyak 20 miligram.

Penulis: MasArif

Setiap 1 cangkir talas mengandung 11% vitamin C sebagai sumber zat antioksidan, apabila tubuh sedang terkena flu, maka vitamin C memperkuat pertahanan tubuh dengan membantu mempercepat gerak sel darah putihnya, dan apabila makan 1 cangkir talas serta dapat memenuhi 19% vitamin E dan 22% vitamin B6 maka kebutuhan harian bisa terpenuhi dengan baik, apalagi vitamin E sendiri dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kandungan nutrisi pada talas setara dengan vitamin A sehingga talas juga dapat menjaga kesehatan mata, meningkatkan fatilitas dan kulit.

Gizi pada talas semakin lengkap dengan muatan beragamnya mineral. Satu cangkir talas mengandung 10% fosfot dan magnesium, 13% tembaga yang dibutuhkan oleh sesorang dalam setiap harinya. Talas juga menjadi bahan pangan yang sempurna, setiap 1 cangkir talas mengandung 18% potassium, kalium dan mangan 30%. Potassium tersebut sangat berguna untuk menjaga kinerja jantung dan tekanan darah, mangan menjadi biang lancarnya metabolisme lemak dan protein dalam tubuh sedangkan kalium sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

ubi jalar

Macam-macam ubi jalar – Ist

Ubi Jalar

Dinobatkan sebagai juara satu dalam kekayaan nutrisi kelompok sayur-sayuran.  Ubi jalar mengandung karbohidrat yang kaya. Setiap 1 butir ubi jalar dengan ukuran sedang, mengandung vitamin A yang berlimpah hampir dua kali lipatnya yang harus dikonsumsi sehari-hari. Warna ungu ubi jalar merupakan zat antioksidan yang fungsinya untuk menangkal radikal bebas.

Dalam sehari saja setiap tubuh memerlukan vitamn C, sehingga kandungan uji jalar sangat tercukupi oleh tubuh karena vitamin C pada ubi jalar sekitar 42%. Bahkan zat beta carotene pada ubi tersebut dibutuhkan oleh tubuh empat kali lipatnya (apabila dimakan bersama kulitnya, yang sebelum dicuci terlebih dahulu). Ubi jalar memiliki banyak serta dibandingkan oatmeal. Pada ubi jalar terdapat kalori sebanyak 130 kalori, jadi sangat cocok bagi kita yang sedang menjaga berat badan.

Apabila seseorang terkena diabetes mengkonsumsi ubi jalar sangat disarankan bahkan menjadi suatu ‘ransum’, karena sifat ubi jalar yang tercerna dalam tubuh akan memproses secara perlahan dalam lambung, efeknya akan kekenyangan yang lebih lama. Dan di belahan dunia manapun bahwa mengkonsumsi ubi jalar merupakan jalur kedua untuk dikonsumsi karena mengandung karbohidratnya dan sebagai program diet mereka.

Penulis: MasArif

Comment di sini