Keunikan Instagram yang Perlu Kamu Tahu

by
April 23rd, 2015 at 11:32 am

CiriCara.com – Apakah kamu pengguna media sosial Instagram? Media yang berfungsi untuk sharing foto ini telah digunakan oleh jutaan orang di dunia. Indonesia pun menjadi negara yang pengguna Instagram-nya paling tinggi. Tak hanya artis atau public figure, masyarakat awam yang ingin ‘gaul’ pun memiliki akun ini.

instagram

Instagram – Ist

Instagram adalah media sosial yang juga aplikasi untuk berbagi foto atau video pendek berdurasi 15 menit. Luar biasa, dalam satu detik, ratusan foto terunggah di Instagram. Berapa kali kamu mengunggah foto dalam sehari?

Tahukah kamu, Instagram didirikan oleh Kevin Systrom (32 tahun), mahasiswa Universitas Stanford, Amerika Serikat. Bersama seorang programmer bernama Mike Krieger, Kevin mengembangkan aplikasi Burbn yang menjadi cikal bakal instagram.

Instagram berasal dari kata ‘instant’ dan ‘telegram’. Harapan pendirinya, Instagram bisa menjadi aplikasi untuk mengirimkan, mengunggah, atau berbagi foto dengan cepat dan mudah.

Selain Facebook dan Twitter, Instagram disasar banyak perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Melalui foto, Instagram adalah media yang tepat untuk memasarkan produk. Kamu tahu kan, banyak anak muda yang gemar memotret makanan yang mereka pesan di restoran, lalu mengunggah fotonya di Instagram? Banyak pula online shop kecil yang menggunakan media sosial ini.

Kamu yang sering bermain Facebook, pasti pernah mendapati foto teman yang muncul di beranda Facebook, tetapi tertulis ‘via Instagram’. Pada april 2012, Instagram dibeli oleh Facebook. Itulah mengapa orang dapat menghubungkan Facebook dengan Instagram.

Keunikan Instagram ialah permainan hashtag pagar. Ketika mengunggah foto atau video, pengguna pastinya akan memberi hashtag nama yang menjadi tema fotonya. Dengan begitu, foto yang terunggah tadi akan lebih cepat ditemukan pengguna lain. Hashtag biasanya digunakan seseorang untuk memasarkan produk, memberi dukungan, atau sekedar ingin ‘populer’.

Instagram memiliki aplikasi efek foto yang bermacam-macam, sehingga foto yang diunggah tampak menakjubkan. Namun, tak semua foto yang bagus memiliki ‘Like’ yang banyak. Konten favorit di Instagram adalah humor, seperti meme komik, kata-kata sindiran yang sedang tren, atau lelucon lainnya. Menurut kamu, foto seperti apa yang sangat populer di Instagram di negeri kita?

Penulis: Khaeriya

Artikel terkait: Cara Membuat Foto Instagram in Hand

Comment di sini