Keuntungan dan Kerugian Belanja Online

by
April 23rd, 2015 at 3:27 pm

CiriCara.com – Metode belanja yang satu ini memang sangat praktis bila dilihat dari segi efektivitas waktu juga energi. Apalagi buat kamu yang enggak terlalu doyan buang-buang tenaga keliling pusat perbelanjaan hanya untuk membeli satu atau dua barang tertentu. Eits, ada yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan berbelanja melalui internet.

belanja di toko online

Belanja online – Ist

Berikut untung dan rugi yang perlu kamu pertimbangkan.

Keuntungan

- No Pressure

Bebas browsing ber-jam-jam tanpa ada pressure buat beli barang yang enggak penting cuma gara-gara lagi ada big sale, atau perasaan enggak enak seolah “diteror” sama penjaga toko. Apalagi kita bisa lihat review orang tentang produk tersebut, itu sangat membantu bikin keputusan yang tepat sebelum membeli.

- No tired feet

Pas belanja seringnya kita harus jalan kesana kemari sampai kaki pegel untuk menemukan barang yang pas. Enggak begitu dengan online shopping. Berbagai jenis barang cuma dipisah sama satu atau dua klik. Sepatu, tas, baju, dan elektronik, bahkan kadang ada fitur browse by type , colour, atau price yang akan menyaring barang sesuai yang kita cari, yang harganya pas sama kantong.

- Form and to anywhere

Online shopping bisa dilakukan dimana aja selama ada akses internet. Dan barang-barangnya juga bisa darimana saja, bisa dari Taiwan, Hongkong, Amerika atau Inggris, ada caranya untuk bisa dikirim ke rumah.

- Open 24 hours

Enggak perlu nungguin midnight sale di mall atau harus berada di antrian kasir yang panjang. Online shop opens 24 hours! Kita enggak terpengaruh cuaca, istilahnya sekalipun hujan badai kita dapat tetap belanja di rumah tanpa kuatir akan cuaca, macet atau parkiran penuh.

Kerugian

- Shipping time and cost

Setelah bayar, barang enggak bisa langsung dipakai dan harus sabar menunggu kiriman sampai ke rumah. Kalau beli barang dari overseas, shipping cost bisa jadi lebih mahal dari harga barangnya. Belum lagi kalau harus bayar pajak di bea cukai.

- Security issue

Walau sudah semakin aman belanja online dengan kartu kredit cyber crime tetap ada dan selalu berusaha mencari mangsa. Online shopping requires your personal information, and unfortunately that personal info very often disalahgunakan oleh pihak yang mencari keuntungan bagi dirinya sendiri.

- No fitting room

Barang yang akan kamu beli enggak bisa kamu coba. Khususnya buat yang beli pakaian atau sepatu. Terkadang ukuran sulit dijadikan patokan karena beda merek bisa jadi beda fitting-nya. Size kegedean atau kekecilan jadi risiko bagi para online shopper.

- Risky business

Ada beberapa produk yang sangat riskan dibeli melalui online shopping, seperti parfum, atau elektronik yang sebenarnya harus banget dicoba dulu sebelum dibeli. Maka, tak jarang barang yang datang kualitasnya di luar ekspektasi. Warna asli yang ternyta beda dengan tampilan warna di layar komputer, bahan yang enggak cocok atau masalah-masalah lainnya.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini