Manfaat Temu Putih untuk Kesehatan

by
April 23rd, 2015 at 4:00 pm

CiriCara.com – Temu putih atau Curcuma Zedoaria merupakan kelompok tanaman rimpang seperti jahe, kunyit dan lain sebagainya. Tanaman jenis ini masuk ke dalam genus curcuma dan keluarga zingiberaceae yang asli dari India dan Indonesia. Banyak manfaat yang diperoleh dengan tanaman Temu Putih, seperti empon-empon, tanaman obat dan bahan industri misalnya untuk pembuatan parfum, campuran beberapa jenis obat-obatan kadang pewarna makanan.

Temu Putih

Ist

Temu putih memiliki ciri khas tersendiri seperti misalnya.

  • Mempunyai akar rimpang
  • Mempunyai warna yang khas yaitu coklat ataupun orange terang
  • Mempunyai bau yang mirip mangga atau kunyit.
  • Bentuk buah segitiga dan bulat telur
  • Mempunyai buji yang berbentuk oval atau tombak.
  • Mempunyai bentuk daun bulat telur berbintik dan berwarna ungu dan panjangnya mencapai 1 atau 2 meter.

Temu putih banyak digunakan di berbagai negara sebagai bumbu penyedap dalam berbagai jenis makan. Temu putih juga dibudidayakan di negara Nepal, Karnakata, dan Himalaya Timur. Manfaat temu putih tidak diragukan lagi dan efektif sebagai bahan herbal dalam berbagai keluhan penyakit.

  1. Alternatif pengobatan penyakit kanker. Kanker merupakan penyakit yang sudah moncer diderita orang banyak orang. Pertumbuhan kanker ini ditandai oleh pertumbuhan sel-sel pada jaringan tubuh yang ckup pesat dan tidak terkendali. Kandungan zedoarin, kurkumol dan kurdiona pada temu putih ini dapat bertindak sebagai anti-neoplastik terhadap sel-sel kanker, yaitu dengan pembentukan lapisan limfosit di dalam sel-sel jaringan kanker sehingga kanker tidak bisa tumbuh berkembang atau mati.
  2. Mengatasi kecemasan dan stress. Ekstrak petroleumeter pada temu putih memiliki kemampuan untuk mengatasi kecemasan, stress dan kelainan pada mobilitas, serta melindugi reumatik.
  3. Anti arthritis.Petroleum eter dan kloroform yang berasal dari ekstrak temu putih ini dapat mengurangi iritasi, kecemasan dan meningkatkan niat untuk berjalan, mengurangi pembekakan pada sendir pada penderita arthritis.
  4. Gejala sakit maag terkurangi. Kurang teraturnya makanan biasanya terjadi maag, cara efektinya dengan menggunakan temu putih. Caranya adalah dengan mengkonsumsi rebusan temu putih yang telah dicampurkan dengan sesendok madu (sesuai selera) diminim 2 kali sehari dalam keadaan hangat-hangat kuku.

Penulis: MasArif

Comment di sini