Tips Agar Anda Selamat Berkendara

by
April 23rd, 2015 at 2:46 pm

CiriCara.com – Setiap kita yang melakukan sebuah perjalanan pasti ingin sampai di tempat tujuan dengan selamat tentunya. Namun ternyata angka kecelakaan setiap tahunnya di berbagai kota terus meningkat. Hal ini sering menjadi pertanyaan sebenarnya apa yang membuat kecelakaan seperti itu ternjadi.

mobil

Menyetir mobil – Ist

Namun setelah diteliti, ternyata sebagian besar kecelakaan disebabkan akrena faktor internal, misalnya masalah sang pengemudi atau pun karena faktor kendaraannnya. Lalu hal apa saja yang dapat kita lakukan demi menjaga keamanan kita saat berkendara? Beriktu beberap tips sederhana yang mungkin dianggap sepel namun sangat penting saat berkendara.

1. Jaga Kesehatan Tubuh

Kalau tubuh kamu merasa kurang fit, tolong jangan paksakan untuk berkendara. Hal ini dikarenakan di saat tubuh kita tidak terlalu sehat, akan menurunkan konsentrasi kita. Padahal yang diperlukan dalam hal berkendaran adalah salah satunya fokus atau konsentrasi. Namun mereka sering menganggap sepele dan mengatakan bahwa dirinya mampu. Lebih baik gunakan supir atau pilih naik kendaraan umum demi mencegah hal ini.

2. Jangan Mengantuk

Seringkali di saat kita berkendara ada tulisan yang menyatakan bahwa jangan berkendara saat mengantuk. Ya seperti pada poin satu sudah di bahas. Berkendara saat mengantuk sangat berbahaya. Hal ini dikarenakan pasti otak kita tidak terlalu fokus dalam berkendara. Akibatnya kendaraan yang kita kemudikan bisa saja tidak dapat beroperasi dengan baik.

3. Periksa Kondisi Kendaraan

Tidak hanya pengendaranya yang harus dijaga kondisinya. Kendaraan yang digunaan pun harus dipastikan mempunyai kondisi yang baik. Kalian harus memastikan kendaraan yang kalian gunakan kondisi mesin maupun kondisi perlatan lainnya yang terpasang pada kendaraan tersebut adalah baik keadannya. Seringkali misalnya lampu atau kalkson kendaraan mati, maka kita menganggap bukan hal yang penting. Padahal peran kedua alat tersebut sangat penting demi keselamatan berkendara.

4. Gunakan Helm dan Sebuk Pengaman

Untuk kendaraan roda dua harus memakai helm yang standar dan juga untuk kendaraan roda empat harus menggunakan sabuk pengaman. Semua alat yang dipasang dalam kendaraan dan disarankan utnuk digunakan pasti bertujuan untuk menjaga keselamata berkendara. Semoga selamat sampai tujuan.

Patuhilah segala peraturan yang ada.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini