4 Kandungan Biji Semangka yang Patut Kamu Ketahui

by
April 24th, 2015 at 9:39 am

CiriCara.com – Mungkin bagi kalian daging semangka sajalah yang mempunyai khasiat yang baik buat kesehatan. Namun perlu kamu ketahui nih, ternyata biji pada buah semangka memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Salah satu situs yang dilansir dari Merdeka.com, biji semangka yang sudah dikeringkan ataupun sudah dipanggang memiliki manfaat baik untuk kamu.

Biji Semangka

Ist

Nah untuk itu, pasti kamu ingin tahu kan nutrisi terkandung dalam biji semangka tersebut. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

- Protein

Ini dia hal utama yang membuat biji semangka itu sehat. Biji semangka ternyata mempunyai protein yang tinggi. Protein dalam biji semangka ini mempunyai kandungan yang bernama asam amino dan juga arginin. Arginin pada biji semangka memiliki peranan yang baik untuk kesehatan diantaranya mampu untuk mengatur tekanan darah dan mengatasi penyakit jantung coroner. Asam amino yang terkandung pada protein ini banyak sekali komposisinya diantaranya asam glutamate, lisin, dan triptofan.

- Vitamin B

Selain mempunyai protein yang tinggi, semangka juga dikenal karena banyak vitamin B dan serat. Suatu laporan dari The American Cancer Society menyatakan vitamin B memiliki fungsi diantaranya mengubah makanan menjadi engeri sekaligus pelengkap untuk fungsi tubuh manusia. Hal yang termudah untuk mendapatkan vitamin B pada biji semangka ialah niasin. Niasin sendiri memiliki manfaatnya diantaranya untuk kesehatan kulit, menjaga sistem saraf, dan untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain vitamin B, biji semangka juga mempunyai kandungan seperti folat, vitamin B6, thiamin, dan asam pantotenat.

- Mineral

Hal yang mesti kamu ketahui, bahwa biji semangka juga mengandung semacam mineral. Mineral pada biji semangka juga banyak mengandung komposisi seperti magnesium. Menurut para ahli dari National of Health, magnesium berperan untuk mengatur tekanan darah dan juga menjaga metabolisme karbohidrat di dalam tubuh. Sehingga peranan tersebut dinilai sangat bagus untuk gula darah. Selain magnesium, mineral pada biji semangka juga memiliki komposisi lain seperti mangan, fosfor, kalium, natrium, seng , dan zat besi.

- Lemak

Biji semangka juga mempunyai lemak loh. Lemak pada biji semangka banyak macamnya diantaranya lemak tak jenuh ganda, lemak tak jenuh tunggal, dan asam lemak omega-6 yang terkandung pada biji semangka. Sebuah laporan dari The American Heart Association menyatakan lemak tunggal maupun lemak ganda sama-sama memiliki manfaat untuk mengurangi kolestrol darah, sedangkan untuk lemak omega-6 berperan untuk menstabilkan tekanan darah.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini