5 Makanan yang Terkenal dari Bangka

by
April 24th, 2015 at 10:55 am

CiriCara.com – Bangka adalah sebuah pulau yang berasal dari provinsi Bangka Belitung. Bangka Belitung sendiri merupakan provinsi hasil pemekaran dari provinsi Sumatera Selatan. Di Pulau Bangka inilah juga ibukota provinsi Bangka Belitung berada yaitu kota Pangkal Pinang.

Martabak Manis Bangka

Martabak Manis Bangka – Ist

Pulau Bangka sangat terkenal dengan makanannya yang sangat lezat. Karena itulah tidak salah jika para wisatawan yang berada disini, sangat suka yang namanya wisata kuliner. Lalu makanan apa saja yang terkenal dari Pulau ini. Berikut akan saya bahas beberapa makanan yang terkenal dari Pulau Bangka.

1. Martabak

Martabak Bangka adalah martabak yang terkenal. Karena itulah tidak salah jika banyak penjual negara di berbagai daerah di Indonesia yang menjual martabak menulisnya dengan martabak Bangka. Martabak Bangka dikenal dengan kenikmatannya yang luar biasa. Kalian bisa merasakan rasa asli martabak Bangka dengan suasana yang sangat nikmat di Pulau Bangka sendiri. Toping yang digunakan pun sangat beragam. Jadi bisa dibanyangkan betapa nikmatnya dengan martabaknya yang sudah lezat ditambah dengan toping yang menggoda pula.

2. Lempah

Makanan satu ini memang jarang didengar di kota lain. Namun jika di Bangka, makanan ini sudah sangat terkenal. Lempah adalah jenis makanan menyerupai pindang. Namun kalian bisa dipastikan ketagihan dengan lempah khas dari Bangka ini. Lempah yang disediakan biasanya lempah daging hingga lempah timun.

3. Otak-Otak

Otak-otak Bangka juga tidak kalah favprit. Rasa ikan yang sangat segar dan juga rasa santan yang kental membuat martabak Bangka sangat digemari. Selain itu kalian juga akan mendapatkan berbagai cuka seperti cuka terasi, cuka taoco dan cuka lainnya.

4. Kerupuk dan kemplang Bangka

Kerupuk Bangka dan kemplangnya sangat laris manis apalagi yang panggang. Kita bisa menikmatinya dengan sambal terasi yang sangat lezat dan pasti menggoyang lidahmu.

5. Bakmi Bangka

Nah, mie bangka juga sanag difavoritkan. bahkan hingga ke luar kota seperti Jakarta, bakmi Bangka sangat laris manis. Bumbu dan campuran lainnya membuat bakmi bangka menjadi berbeda dengan bakmi lainnya.

Nantikan pembahasan kuliner lainnya melalui artikel saya selanjutnya. Selamat hidup bahagia. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini