6 Langkah Merawat Kesehatan Liver

by
April 24th, 2015 at 3:15 pm

CiriCara.com – Sakit hati bukan berarti putus cinta, tetapi yang dimaksud sakit hati ini adalah sakit liver, banyak orang telah mulai menyadari pentingnya organ dalam tubuh seperti jantung, paru-paru, tulang, bahkan hati. Organ-organ tersebut perlu dijaga kesehatannya. Apalagi masalah kesehatan hati dimana orang belum begitu mengetahuinya cara menjaganya.

Penyakit Liver

Ist

Padahal jika liver atau organ hati sudah tergangggu maka dampak negatifnya akan dirasakan seluruh tubuh, karena liver mempunyai fungsi adalah untuk menyaring racun-racun yang masuk ke dalam tubuh berupa makanan atau yang dihirup dari hidung, apabila tidak bisa disaring dengan baik maka dikhawatirkan liver akan mengalami gangguan, karena racun akan secara bebas hinggap ke organ jeroan lainnya.

Sakit liver ini muncul biasanya secara tiba-tiba dan biasanya adanya virus hati, gaya hidup yang lebay akan berperan penting dalam menentukan sehat atau tidaknya liver tersebut. Bila ada yang hobi mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok, menyukai gorengan, serta makanan berlemak seperti daging atau keju, maka akan mudah terkena penyakit ini, bisa juga ada faktor lain seperti mengkonsumsi obat-obat (bukan narkoba) juga sangat rentan serta beresiko tinggi terkena kerusakan liver ini.

Oleh sebab itu jangan abikan untuk menjaga kesehatan liver ini. Menurut para pakar penyakit liver, untuk mencegah kemunculan dan perkembangan penyakit liver adalah dengan memasatikan gaya hidup sehat, ada beberapa langkah untuk menjaga kesehatan liver yang perlu diperhatikan:

  1. Jauhi dan hindari mengkonsumsi minuman yang beralkohol.  Liver mempunyai fungsi untuk menyaring racun dalam tubuh, apabila fungsi liver ini terganggu oleh alkohol apalagi dengan jumlah yang banyak (1 liter)  maka liver ini akan terganggu dan menjadi rusak.
  2. Batasi makanan yang tinggi lemak.  Makanan yang cepat saji dapat menyebabkan berat badan tidak terkontrol, diabetes, obesitas. Maka akan mempengaruhi fungsi liver karena adanya akumulasi racun dan lemak dalam tubuh.
  3. Hindari lingkungan yang beracun. Bila liver kita ingin sehat maka hindari tempat-tempat yang mempunyai kapasitas racun yang tinggi seperti polutan rokok atau asap cat. Zat-zat yang keluar dari asap cat atau asap rokok sangat membahayakan yang mengirupkanya baik langsung atau tidak langsung.
  4. Lakukan aturan hidup bersih. Apabila setelah makan atau sesudah makan untuk selalu mencuci tangan (bila makannya menggunakan tangan atau sendok) jangan minum air dari peralatan orang asing (selain diri kita) tetapi sebelumnya dicuci dengan bersih.
  5. Lindungi diri dari virus liver. Virus liver disini misalnya dengan menghindari dari seks yang tidak aman, hindari tattoo, serta jauhi dari narkotika suntik.
  6. Periksa ke dokter sewaktu-waktu dan teratur. Penyakit liver munculnya tiba-tiba, periksakan kondisi anda terhadap dokter umum atau spesialis, kontrolah kesehatannya agar diketahui ada tidaknya penyakit liver tersebut. Bila terjadi demikian (terkena liver) maka cepat-cepatlah untuk ditangani.

Demikian dengan 6 langkah merawat kesehatan liver. Semoga tetap sehat

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Ciri-Ciri Liver Anda Bermasalah

Comment di sini