Apa Itu Urban Legend?

by
April 24th, 2015 at 8:54 am

CiriCara.com – Pernahkah kamu mendengar istilah urban legend? Biasanya, urban legend digunakan sebagai ide cerita film horor.

Urban Legend

Ist

Urban legend adalah mitos atau legenda kontemporer yang seringkali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor, ketakutan, humor, atau bahkan kisah yang menyampaikan pesan moral.

Meskipun dikisahkan berdasarkan kisah nyata, urban legend diragukan kebenaran faktualnya. Sebab, urban legend adalah cerita yang beredar sama seperti kisah yang disebarkan dari mulut ke mulut. Urban legend juga sering dibesar-besarkan sehingga menjadi lebih sensasional.

Di Amerika, urban legend yang juga pernah dijadikan sebuah film horor adalah kisah tragis “Bloody Marry”, yakni pengantin wanita yang tewas di hari pernikahannya. Konon, hantu yang dikatakan bergaun putih ini akan muncul setelah kamu memanggil namanya tiga kali di depan sebuah cermin saat tengah malam.

Pada abad pertengahan di Eropa, ada cerita tentang Elisa Day. Dia adalah wanita cantik yang diumpamakan sebagai bunga mawar. Suatu hari, seorang pria muda datang ke kota tempat Elisa tinggal dan jatuh hati padanya. Mereka kemudian berkencan selama tiga hari.

Pada hari pertama, pria itu mengunjungi rumah Elisa. Di hari kedua, ia membawakan Elisa setangkai mawar merah dan memintanya untuk menemuinya di mana bunga mawar liar tumbuh. Pada hari ketiga, ia membawa Elisa ke sungai di mana ia kemudian membunuhnya. Pria itu membunuh Elisa dengan menghantamkan batu ke kepala gadis itu dan berbisik, “Semua keindahan harus mati!”. Beberapa orang mengklaim telah melihat sosok hantu Elisa yang berkeliaran di sungai, darah tampak mengalir di sisi kepalanya sambil menggenggam setangkai mawar di tangan.

Menurut pecinta film horor, urban legend yang difilmkan dan paling menyeramkan adalah cerita horor Jepang. Beberapa cerita yang membuat bulu kuduk berdiri diantaranya cerita hantu kepala sapi, Sadako, hantu toilet sekolah, dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri, urban legend yang paling terkenal adalah Hantu Ambulan. Cerita ini pernah dikemas menjadi sebuah film horor yang disutradari oleh Koya Pagayo dengan artis horor yang melegenda, Suzzanna. Apakah kamu pernah menontonnya?

Penulis: Khaeriya

Artikel lainnya: 5 Film Horor Paling Menakutkan

Comment di sini