Cara Membuat Puding Karang

by
April 24th, 2015 at 2:21 pm

CiriCara.com – Baru dengar makanan yang bernama puding karang? Walaupun namanya terdapat kata-kata “karang” tapi jangan khawatir, puding yang satu ini tetap empuk dan enak kok buat dimakan. Masih nggak percaya? Coba aja buktikan sendiri.

Puding Karang

Ist/Pawon Ayu

Gimana mau buktiin, orang yang jual puding karang-nya aja nggak ada. Ok, kalau gitu kamu bikin sendiri aja puding karang. Dijamin deh rasanya pasti bakalan enak dan tentunya menggugah selera. Cocok banget buat dijadiin camilan buat akhir pekan nanti.

Buat kamu yang mau belajar cara membuat puding karang, berikut ada panduan serta resepnya. Selamat mencoba ya!

Resep Puding Karang

Bahan:
- 7 gram (1 bungkus) agar-agar bubuk warna bening
- 850 ml santan kental, tapi jangan terlalu kental
- 175 gram gula merah yang disisir halus
- 40 gram gula pasir atau sesuai selera
- 1 butir telur, kocok lepas
- 2 helai daun pandan, simpulkan
- Garam secukupnya

Cara membuat:

1. Panaskan santan dan gula merah. Aduk-aduk sampai gula larut, kemudian disaring.
2. Campur agar-agar bubuk, gula pasir, dan garam. Tuangkan larutan santan dan gula merah yang sudah dipanaskan tadi. Kemudian masukkan daun pandan sebagai penambah aroma.
3. Masak adonan tersebut dengan api sedang sampai mendidih, sambil diaduk. Matikan api.
4. Ambil 2 sdm adonan tadi, campurkan dengan telur. Kocok sampai tercampur rata.
5. Masukkan kocokan telur dan adonan tadi ke dalam adonan satunya lagi. Nyalakan api, aduk cepat hingga berserabut sambil dimasak hingga mendidih. Matikan api.
6. Tuang adonan puding tersebut ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air. Diamkan beberapa saat sampai uap panasnya hilang, baru dinginkan ke dalam lemari es agar cepat mengeras. Kamu bisa pilih bentuk cetakan sesuai selera.
7. Puding karang siap untuk dinikmati.

Resep by: Catatan Nina

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat puding karang itu? Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

(YG)

Artikel lainnya: Cara Membuat Puding Almond Jeruk

Comment di sini