Cara Mengatasi Bad Mood

by
April 24th, 2015 at 9:15 am

CiriCara.com – Bahagianya jadi manusia adalah saat kita mengalami berbagai perasaan. Tapi pernah enggak sih kamu berada dalam dilema, sebenarnya perasaan apa yang sedang kamu alami. Kalau udah begitu biasaya spontan kita menyerukan, “duh lagi enggak mood nih.”

bad mood

Ist

Mood adalah perubahan suasana hati yang dipengaruhi oleh emosi halus, makanya mudah berubah-ubah se-fluktuatif index saham. Eits, meski itu hal manusiawi kamu juga enggak boleh terlalu ‘mendewa-dewakannya’ dan keseringan menganggap itu biasa. Karena ternyata efeknya bakal buruk banget kalau didiemin kelamaan. Moody bisa jadi ‘penyakit’. Apalagi kalau kamu merasa bad mood terus, seperti depresi yang berlebihan atau malah kamu bisa jadi orang yang temperamental.

Sebelum kamu menyimak tips untuk menyetop bad mood. Kenali dulu penyebabnya. Beberapa penyebab yang umumnya terjadi, yaitu pertama perubahan hormone. Ini umumnya terjadi pada remaja yang sedang mengalami puber. Kedua, kecemasan atau rasa sensitif yang berlebihan. Terlalu banyak mengalami tekanan dari lingkungan sekitar, seperti keluarga, sekolah atau kantor juga bisa memicu perubahan mood.

Selain itu penyebab lain yang membuat mood drop adalah kurang tidur, masa kehamilan, menopause, dan trauma. Nah, kalau kamu mengalami hal-hal tersebut ingat-ingat tips di bawah ini supaya mood kamu yang roboh itu bisa bangkit kembali. Enggak mau kan mengalami depresi?

1. Semua tergantung pola pikir

Moody pasti terbentuk karena something doesn’t sit right. Kamu perlu ingat bahwa semua manusia pun memiliki masalah. Jadi kamu enggak sendirian. Sebesar apapun masalah kamu, coba cari dulu solusi terbaik. Fokuskan pikiran kamu dengan tenang supaya kamu tidak gegabah dalam menentukan keputusan.

2. Selalu berpikir tentang hal yang baik

Pikiran yang positif akan selalu membangkitkan semangat. Selayaknya hati yang gembira adalah obat bagi jiwa. Yuk, selalu berpikiran positif. Daripada berpikir negatif terus-menerus yang ada kamu nantinya bakal mengalami penyakit.

3. Refreshing

Lakukanlah kegiatan yang membuat kamu senang dan merasa relaks. Seperti melakukan perawatan di salon, pergi berenang bersama sahabat, makan makanan enak yang kamu suka.

4. Life must be love

Pahami serta belajarlah untuk menerima keadaan bahwa tidak semua yang terjadi sesuai kehendak hati kamu. Sama hal-nya kamu pun tak dapat menyenangkan hati semua orang. Jika kamu hanya berfokus untuk hal itu saja, maka kamu akhirnya akan merasa letih sendiri. Cintailah hidup kamu, kasihi orang-orang di sekitar kamu dengan segala bentuk karakter mereka dan pandanglah lingkungan tempat kamu berpijak. Renungkan, bahwa akan ada selalu banyak hal untuk disyukuri.

Penulis: *Siahaan Rona*

Artikel terkait: Makanan yang Bisa Meningkatkan Mood

Comment di sini