Kenali Penyebab Bau Napas dan Identifikasi Penyakit Berdasarkan Baunya

by
April 24th, 2015 at 4:19 pm

CiriCara.com – Enggak enak banget rasanya kalau ngobrol sama orang yang napasnya bau kan? Dalam hati pasti tersirat pengen buru-buru menyudahi percakapan. Tapi gimana kalau ternyata kamu yang menjadi sumber bau mulut tersebut. Duh, enggak ketahan deh malunya. Tampilan udah keren tapi malah napas enggak segar alias bau naga.

Bau mulut

Ist

Yuk, pelajari asal muasal yang menjadikan napas tidak segar. Dan jangan menyepelekannya juga loh. Tahukah kamu, ternyata bau napas juga merupakan signal tubuh yang mengisyaratkan mengenai adanya gangguan atau penyakit yang terjadi dalam organ tubuh.

Penyebab bad breath

1. Mulut kering. Kurang minum memicu baut mulut, makanya ketika bangun tidur bau mulut kurang sedap. Bau ini biasanya hilang setelah kita segera minum air mineral dan sikat gigi.

2. Masalah perut. Bau mulut sering tercium pada saat bersendawa. Hal ini dikarenakan kurangnya karbohidrat pembakar lemak di tubuh. Keadaan tersebut mungkin juga terjadi bila kamu sedang berdiet yang menyebabkan nafas kamu tidak segar.

3. Bakteri mulut suka bersembunyi di antara gigi dan lidah. Banyaknya bakteri menyebabkan bau kurang sedang menguap keluar dari mulut kamu.

4. Memakan makanan yang memiliki aroma menyengat. Seperti bawang putih, durian, atau ikan dapat menyebabkan bau mulut. Bahkan meski kita sudah menyikat gigi.

5. Mengonsumsi kopi dan terlalu sering menghisap rokok.

6. Kurang menjaga kesehatan gigi dan gusi.

7. Penyakit-penyakit di sekitar gigi. Misal, karena ada gigi berlubang, sisa makanan di dalam mulut, karang gigi, dan lain sebagainya.

8. Ternyata perilaku dalam menyikat gigi juga bisa menyebabkan nafas tidak segar. Bila kamu terlalu keras saat menyikat gigi bahkan hingga gusi berdarah.

Mengidentifikasi penyakit berdasarkan baunya:

1. Napas berbau asam atau logam. Menandakan adanya gangguan hati kronis.

2. Napas mengeluarkan aroma seperti amoniak. Itu berarti kemungkinan adanya gangguan fungsi ginjal.

3. Bila napas tetap mengeluarkan aroma tidak sedap padahal sudah menyikat gigi dan tidak makan apapun setelah itu. Kemungkinan hal tersebut mengindikasi adanya diabetes.

4. Tanda tubuh mengalami infeksi paru atau tenggorokan juga dapat diidentifikasi melalui napas bau disertai gejala batuk atau hidung tersumbat.

5. Saat napas berbau amis, itu mungkin tubuh mengirimkan signal bahwa adanya gangguan pencernaan. Sebab tubuh tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

6. Ketika napas berbau seperti acetone atau seperti bau kutek kuku, bisa jadi itu pertanda adanya penyakit pada darah.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini