Mengenal Sejarah Keroncong di Indonesia

by
April 24th, 2015 at 8:45 am

CiriCara.com – Keroncong adalah salah satu jenis musik yang sudah mulai pudar di Indonesia. Padahal musik tradisional ini sempat menjadi musik favorit. Musik keroncong adalah berasal dari musik yang dibawa oleh bangsa Portugis. Musik jenis ini pertama kali masuk ke Indonesia sudah sekitar sejak abad yang ke-16. Musik ini awalnya dikenal dengan nama fado. Musik yang dibawa oleh bagsa Portugis ini diperkenalkan oleh para pelaut dari kapal negeri itu.

musik keroncong

Keroncong – Wikipedia

Lalu di Indonesia sendiri, awalnya musik ini masuk ke daerah Malak yang dibawa dari daratan India. Dan para budak dari Malukulah merupakan kelompok pertama yang memainkan musik yang sangat indah ini. Awalnya musik ini dibentuk dengan sebutan moresco. Musik ini dimainkan dengan berbagai alat musik dawai. Namun dalam perkembangannya sendiri yang dimainkan oleh masyarakat Indonesia, maka musik tradisional Nusantara pun turut memasuki jenis musik ini. Karena itulah dalam musik keroncong kita kenal beberapa alat musik tradisional. Alat musik tardisional tersebut merupakan perkembangan dari musik keroncong sendiri. Alat musik tradisional Nusantara yang digunakan dalam musik keroncong sendiri adalah seperti gamelan.

Musik keroncong yang indah ini mulai menyebar ke berbagai daerah Nusantara. Karena keindahan dan nikmatnya mendengar musik ini tak heran penggemar musik ini saat zaman itu semakin bertambah. Sehingga pada sekitar abad yang ke-19 musik keroncong merupakan musik yang sangat populer di kalangan bangsa Indonesia.

Musik keroncong kepopulerannya masih bertahan hingga sekitar tahun 1960. Namun lama kelamaan kepopuleran musik ini mulai berkurang. Bukan karena ada masalah atau hal negatif lainnya. Melainkan pada masa itu, berbagai genre musik yang baru mulai memasuki daerah Nusantara. Hal tersebutlah yang menggeser posisi musik keroncong dari hati para pencitanya di Tanah Air. Namun, tetap ada kok kelompok dan daerah tertentu yang mempertahankan musik keroncong ini.

Musik khas tradisional Indonesia memang sangat indah didengar. Selain memiliki keindahan nada, musik tradisional tersebut memiliki makna yang berarti begitu juga pada musik keroncong. Cintailah musik tradisional Indonesia. Kita harus jaga jangan sampai pudar atau direbut oleh bangsa lain.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini