Tips Nafas Segar Sepanjang Hari

by
April 24th, 2015 at 1:20 pm

CiriCara.com – Duh malu banget rasanya kalau ada yang memberitahu ternyata nafas kamu tidak segar alias bau mulut. Tampilan dengan fashion menarik sekalipun sepertinya akan sia-sia jika dibarengi dengan nafas yang kurang segar. Orang yang mengalami masalah bau mulut (halitosis) biasanya tidak menyadari, sampai ada seseorang yang memberitahukannya. Istilah bau mulut sendiri atau halitosis berasal dari bahasa Latin, halitus yang artinya nafas dan osis artinya keadaan. Jadi, secara harafiah diartikan nafas yang kurang sedap. Tanda-tanda terjadi bau mulut biasanya adalah air liur kental, mulut kering dan rasa tidak nyaman waktu bicara.

Cara mengatasi bau mulut / Ist.

Cara mengatasi bau mulut / Ist.

Sebenarnya masalah bau mulut dapat dicegah dengan rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari dan berkumur dengan larutan khusus. Tapi untuk sebagian orang ada yang mengalami kondisi dimana bau mulut sudah menjadi suatu penyakit yang permanen dan susah hilang. Pada dasarnya bau mulut disebabkan oleh bakteri yang bersarang di dalam mulut, di sela-sela gigi dan terutama di bagian bawah lidah.

Bakteri tersebut sangat gemar bersembunyi di tempat yang gelap dan sulit dijangkau di dalam mulut. Jika kondisi mulut sehat, sel-sel akan mati dan terkelupas alami lalu tertelan bersama air liur. Dan tercerna dengan baik tanpa menyebabkan bau mulut. Keadaan sebaliknya terjadi  dalam mulut yang tidak sehat, plak dan bakteri yang kian hari makin menumpuk akibat sisa makanan. Keadaan tersebut bisa menurunkan jumlah air liur yang diproduksi. Jadi, mulut akan terasa kering dan nafas pun menjadi bau.

So, what should we do?

1. Hindari makanan dan minuman yang memiliki aroma menyengat. Karena hal ini biasanya akan memicu bau mulut.

2. Rajinlah menyikat gigi dengan bersih setiap sehabis makan, minimal dua menit.

3. Beri tubuh asupan air mineral secukupnya.

4. Ingat, untuk selalu menyikat lidah tiap kali selesai menggosok gigi.

5. Stop smoking!

6. Perbanyak makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayur-mayur.

7. Minum daily yogurt dan konsumsilah vitamin C.

8. Lakukan cek kesehatan gigi minimal tiap enam bulan sekali.

9. Bila dalam keadaan urgent  yang mengharuskan kamu ketemu orang di saat kamu baru selesai makan dan tidak sempat menyikat gigi. Semprotkan spray penyegar yang mampu menghilangkan bau mulut.

Penulis: *Siahaan Rona*

Comment di sini