3 Manfaat Mengonsumsi Jamur Tiram

by
April 27th, 2015 at 11:02 am

CiriCara.com – Terlintas memang bahwa jamur yang berwarna putih atau yang biasa kita sebut jamur tiram ini banyak sekali ditemukan di alam liar khususnya di bagian pohon-pohon yang mati. Namun sekedar info saja, jenis jamur yang satu ini sudah banyak sekali dibudidayakan oleh para petani dan pengusaha. Hal ini membuat jamur tersebut banyak sekali ditemukan di pasa. Di China sendiri, jamur tiram sering sekali dibuat untuk bahan pengobatan tradisional. Pengobatan tradisional di negara China tersebut sudah dikenal lama sejak 3.000 tahun yang lalu.

Jamur Tiram

Ist

Salah satu ilmuan yang bernama Christopher Hobbs yang juga merupakan ahli akupuntur dan penulis Medical Mushrooms menyatakan kalau jamur tiram memang memiliki khasiat untuk manusia khususnya untuk sistem kekebalan tubuh. Sebenarnya masih banyak manfaat lain bila kita mengonsumsi jamur jenis ini. Mau tahu kelanjutannya, simak ulasannya berikut ini.

- Sebagai efek antioksidan

Jamur tiram sendiri ternyata mengandung ergothioneine. Ergothioneine sendiri merupakan sejenis antioksidan yang hanya bisa dihasilkan oleh jamur jenis ini. Bahkan studi lain yang dikemumukan oleh Joy Dubost ternyata berhasil menemukan dimana jamur tiram sendiri memiliki antioksidan yang mampu untuk melindungi sel-sel dalam tubuh manusia.

- Efek anti-bakteri

Selain memiliki antioksidan, jamur tiram ternyata memiliki sifat seperti antibakteri, Salah satu studi dari Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 1997 meyatakan kalau jamur tiram memiliki kandungan senyawa aktif yang bernama benzaldehida. Benzaldehida ini berfungsi untuk mengurangi infeksi bakteri pada tubuh manusia.

- Sebagai nilai gizi

Hal yang terpenting dari jamur tiram yaitu memiliki nutrisi yang tinggi dan rendah kalori. Menurut para peneliti, bahwa jamur tiram sendiri mengandung kalium, besi, vitamin c, fosfor, vitamin B1, vitamin B2, dan asam folat. Para peneliti pun juga merekomdendasikan bila seseorang ingin melakukan diet sehat maka cobalah untuk mengonsumsi jamur tiram ini. Selain itu, jamur tiram memiliki khasiat untuk sistem kekebalan dalam tubuh.

Nah buat kamu pasti sudah tahu kan manfaat yang terkandung dari jamus tiram ini. Jadi jangan ragu lagi untuk mengonsumsi jamur tersebut. Selagi enak dimakan, jamur tiram justru memiliki banyak sekali manfaat yang diperoleh untuk tubuh kita.

Sumber: Merdeka.com

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Artikel lainnya: Cara Membuat Jamur Kriuk Pedas

Comment di sini