6 Tempat Wisata Sejarah di Australia

by
April 27th, 2015 at 3:57 pm

CiriCara.com – Selama ini kita mengenal Australia sebagai salah satu tempat yang memiliki pantai yang indah. Adanya Great Barrier, yang merupakan gugusan terumbu karang terbesar di dunia, menyedot banyak wisatawan, terutama pecinta laut atau olahraga laut mengunjungi benua ini. Selain itu, hewan khasnya, seperti Kangguru dan Koala, yang lucu serta kehidupan suku asli nya yaitu Aborigin, merupakan daya tarik terbesar dari Australia.

Sydney Opera House australia

Sydney Opera House – Ist

Tapi tahukah kamu, kalau kita berkunjung ke Australia, kita bisa mengunjungi tempat-tempat yang bersejarah juga? Australia dulu merupakan tempat buangan dari para penjahat dan orang yang dianggap jahat atau bersalah dalam masyarakat Inggris, kemudian berkembang menjadi satu komunitas tersendiri dengan makin banyaknya penduduk dari berbagai benua yang datang, terutama karena ditemukannya pertambangan emas. Dan setelah masa kolonialisme berakhir, benua ini pun ikut mendirikan negara tersendiri, yang kita sebut dengan Australia sekarang ini.

Berikut ini tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi sebagai bagian dari wisata sejarah ke Australia :

1. Soverign Hill, Melbourne

Kota penghasil emas di Australia pada pertengahan tahun 1800 ini, berlokasi di Bardshaw Street, Ballarat, Melbourne. Di kota berluas 25 acres ini masih tersisa bangunan lama terutama rumah-rumah dan toko-toko pada masa pertambangan emas. Untuk semakin menguatkan kesan lama, kehidupan di masa lalu juga ikut direka ulang di tempat ini. Kita bisa mengetahui sejarah Australia, terutama berkaitan dengan pertambangan emas di tempat ini. Di tempat ini juga ada museum yang berhubungan dengan emas.

2. Old Melbourne Gaol, Melbourne

Tempat ini merupakan penjara pertama di Australia. Di bangunan bekas penjara yang tidak terpakai sekarang ini, kita dapat melihat alat-alat untuk menghukum para narapidana yang akan dihukum mati, alat untuk melakukan penelitian perilaku para narapidana berupa cetakan kepala dan tentunya kamar-kamar sel tahanan yang lembab dan terasa mengerikan dan seram. Di penjara ini konon, Robin Hood Australia, Ned Kelly di penjara dan dihukum mati.

3. London Court, City Hall, Perth

Gedung yang berlokasi di dalam City Hall ini sudah berusia lebih dari 80 tahun dengan arsitektur dan interior bergaya Inggris, membuat kita seperti berada di Inggris pada masa lalu.

4. Perth Mint, Perth

Australia merupakan salah satu benua penghasil emas, karena itu banyak kota di benua ini yang merupakan kota penghasil emas. Selain Soverign Hill di Melbourne, kota penghasil emas di Perth ini, merupakan kota yang terkenal. Di buka pad atahun 1899, di kota ini kita dapat menyaksikan proses pembuatan emas mulai dari bongkahan sampai menjadi emas batangan ataupun perhiasan. Di sini juga masih terdapat toko-toko emas.

5. Freemantle, Perth

Kalau di kota Melbourne ada penjara bernama Old Melbourne Gaol, maka di Perth ini ada penjara Freemantle, yang didirikan pada tahun 1850-an. Tentunya karena berfungsi sebagai penjara, kita dapat melihat sel-sel narapidana, tiang gantung, tiang hukuman, borgol sampai pada baju para narapidana. Tempat ini ditetapkan sebagai UNESCO Heritage Site pada 2010.

6. Gedung Opera House, Sydney

Tempat bersejarah terakhir yaitu Gedung Opera House. Gedung yang terkenal dan menjadi icon Australia selain Kangguru dan Koala ini, berada di Bennelong Point, Sydney. Gedung pertunjukan seni di lahan seluas 2,2 hektar ini merupakan salah satu bangunan yang juga termasuk dalam UNESCO Heritage Site selain Freemantle. Dibangun 1959 oleh arsitek keturunan Denmark bernama Jorn Utron, gedung ini diresmikan oleh Ratu Elizabeth II. Setiap harinya selalu terdapat pertunjukan seni seperti musik, drama, opera, teater, tari dll, seperti Gedung Kesenian Jakarta atau Taman Ismail Marzuki di Jakarta.

Nah itu dia enam tempat wisata bersejarah di Australia. Jadi ingin tahu dan mengenal lebih dalam sejarah Australia? Kunjungilah tempat-tempat ini ya.

(Diyah)

Comment di sini