8 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

by
April 27th, 2015 at 3:48 pm

CiriCara.com – Tanaman bayam sudah menjadi salah satu bagian sayuran yang kaya akan vitamin dan tanaman ini sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Tanaman bayam berdaun hijau dan mempunyai daun lebar serta batangnya tidak terlalu tinggi.

sayur bayam

Bayam – Ist

Tanaman bayam ini biasanya terjangkau harganya sehingga masyarakat mudah untuk membelinya disamping itu tanaman bayam ini mudah ditemui, baik di pasar-pasar tradisional atau mall-mall bagian sayuran. Tidak saja sebagai sayuran yang biasa kita masak, tetapi mempunyai khasiat yang sangat baik dan mengejutkan bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Kanker memang penyakit menakutkan, bila terkena mungkin seorang akan mencari  obatnya, baik medis atau alternatif. Bagi yang suka bayam alangkah baiknya mengkonsumsi tanaman ini, karena bayam mampu mencegah penyakit kanker, tapi bagi yang sudah terkena kanker, bayam hanya sebagai mengurangi pertumbuhan kanker saja. Zat flavanoid ini dapat mencegah kanker, seperti kanker prostat pada kaum pria, dan kanker payudara pada kaum wanita.
  2. Nutrisi sangat baik bagi jantung, gaya hidup yang sembarangan dan tidak sehat mengakibatkan seseorang terkena jantung, oleh karena itu mulailah dengan mengkonsumsi bayam ini dengan cara disayur karena memiliki kandungan vitamin seperti vitamin C, A, Folat dan magnesium.
  3. Bertambahnya umur seseorang, biasanya daya ingat akan berkurang, oleh karena itu konsumsilah bayam atau sayur bayam, dengan demikian akan meningkatkan kemampuan daya memori untuk mengingat lebih tajam dan baik.
  4. Vitamin A kandungan pada sayur bayam dapat memperjelas pandangan mata, juga mencegah katarak.
  5. Menyehatkan organ pencernaan. Serat yang tinggi pada tanaman bayam sangat efektif sekali dalam pencegahan berbagai gangguan pencernaan yang terjadi.
  6. Mencegah keroposan tulang. Kalsium pada sayur atau tanaman bayam mampu untuk mengencangkan tulang pada tubuh, sehing pengkeroposan tulang dapat dianulir. Dengan mengkonsumsi sayur bayam setiap hari maka tulang tidak akan keropos.
  7. Tidak mudah capek pada tubuh kita. Zat besi dalam kandungan bayam yang cukup tinggi akan membuat tubuh kita memiliki energi ekstra sehingga dapat membantu pekerjaan dan akivitas sehari-hari tidak mengenal lelah.
  8. Bagi yang suka diet atau pengurangan berat badan secara alami, maka konsumsilah bayam atau sayur bayam, karena hampir 20% dari RDA serat makanan yang dapat membantu pencernaan, pencegahan terhadap sembelit, mempertahankan gula darah yang rendah.

Demikian 8 manfaat bayam bagi kesehatan tubuh, selamat membaca.

Penulis: MasArif

Comment di sini