Cara Supaya Baterai Ponselmu Awet

by
April 27th, 2015 at 8:23 am

CiriCara.com – Baterai ponsel kamu sering boros? Bentuknya pun sudah kembung? Terus pasti kalian merasa sebel banget karena lagi-lagi kalian harus mengganti lagi baterai ponselmu dengan baterai yang baru. Padahal kalian tahu nggak, baterai awal yang merupakan bawaan pabrik adalah baterai yang paling cocok untuk ponselmu. Kalau udah sekali gonta-ganti baterai, biasanya si udah nggak awet lagi.

ilustrasi baterai smartphone

Baterai Smartphone – Ist

Nah gimana sih biar baterai kita nggak kembung atau bocor sehingga kita nggak usah menggantinya dengan baterai baru? Berikut beberapa tipsnya.

1. Jangan Colok-Cabut Ponsel Saat Lagi Nge-charge

Kita suka banget yang namanya kayak gini. Misalnya kalian lagi nge-charge ponsel kamu, terus kalian mau pergi dan cabut ponsel kalian, padahal saat itu dalam keadaan baterai ponselmu belum tercharge dengan sempurna. Nah, terus kalian balik dan baterai kalian belum sampai batasan minimum, kalian langsung ngecharge lagi. Nah hal ini yang nggak boleh. Usahakan cabut ponsel saat baterai sudah terisi penuh begitu pula charge ponsel saat benar-benar sudah menunjukkan takaran yang harus dicharge. Jadi hal sepele seperti ini pun sangat berpengaruh bagi daya tahan keawetan baterai kamu.

2. Gunakan Charger Bawaan

Kita sering meminjam charger orang lain yang padahal bukan setipe dengan dengan ponsel kita. Tahukah kalian, tujuan dibedakannya baterai atau dibedakannya bentuk chargeran? Karena tiap baterai memiliki kebutuhan dan kapasitas masing-masing. Jadi usahakan kalau mau meminjam charger kepada orang lain, cari yang punya charger dari tipe ponsel yang sama atau minimal mereka yang sama.

3. Powerbank Yang Tidak Stabil

Yang dibutuhkan dalam mengisi baterai adalah listrik. Namun listrik itu adalah harus yang stabil. jika kalian menggunakan power bank untuk men-charge baterai Anda, namun power bank itu agak sedikit hang, hal itu malah membuat baterai Anda tidak terlalu awet karena tegangan listrik dari dalam power bank tidak stabil.

Gunakan ponsel kalian dengan baik ya. Karena kalau sudah sekali ganti baterai, biasanya akan tidak awet dan akhirnya kalian akan mengganti baterai untuk yang berikutnya. Nantikan artikels seputar tips lainnya. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini