Ciri Teman yang Hanya Memanfaatkan Kamu

by
April 27th, 2015 at 10:10 am

CiriCara.com – Kamu harus teliti dalam memilih teman. Jangan sampai kamu malah berteman dengan orang yang hanya ingin memanfaatkan kamu saja. Teman semacam itu hanya akan membuat kamu rugi karena tidak bisa dijadikan teman sejati.

menolak pinjaman uang

Teman – Ist

Pilih teman yang baik, tulus, dan selalu siap membantu di saat kamu dalam kesulitan. Karena teman atau sahabat sejati itu tidak akan meninggalkan temannya yang lagi diterpa masalah. Itulah gunanya teman, saling membantu di saat sulit dan duka.

Supaya kamu nggak kejebak sama teman yang suka memanfaatkan teman sendiri, yuk simak ciri-cirinya berikut ini:

1. Baik kalau ada maunya

Dulu kamu nggak pernah diajak main futsal sama dia. Tapi tiba-tiba dia ngajakin kamu buat main futsal bareng. Ada apa ini? Kamu harus waspada sama temen yang satu ini.
Temen: bro, main futsal yuk
Bro: (tumben nih ngajakin) ayo, main di mana?
Temen: di lapangan voli bro. Tapi gue nebeng motor lu ya soalnya motor gue abis dicuci.
Bro: (pantes ngajakin, ternyata cuma mau nebeng) Ok, ayuk
Setelah sampai di lapangan, ternyata kamu cuma duduk di bangku cadangan. Fixed, dia cuma mau manfaatin kamu doang.

2. Suka minta tolong

Kamu harus waspada sama temen yang suka minta tolong ini itu. Karena kemungkinan besar, saat kamu minta tolong sama dia, dia malah menghilang. Temen sejati itu nggak bakal minta tolong sama temennya dengan segampang itu, pasti akan ada rasa nggak enak. Beda sama temen yang ingin manfaatin, dia nggak bakal malu buat minta bantuan.

3. Lupa daratan

Dulu pas masih susah dia sering banget minta bantuan sama kamu. Tapi setelah sukses terus ngadain acara syukuran satu kampung, cuma kamu yang nggak dia undang. Fixed, dia cuma manfaatin kamu doang. Susah sama kamu, enak sama orang lain.

4. Tidak pernah memberi

Coba kamu inget-inget, temen kamu itu pernah ngasih sesuatu nggak sama kamu? Kalau nggak pernah, kamu harus waspada. Bisa jadi dia cuma mau manfaatin kamu doang. Karena teman sejati itu nggak bakal segen buat memberikan sesuatu sama temennya, bukan bisanya cuma minta doang.

5. Ninggalin kamu saat susah

Hampir di setiap ulangan, kamu selalu ngasih jawaban ke dia. Tapi giliran kamu lupa nggak belajar, terus ada Uldak (ulangan mendadak) dia sama sekali tidak membantu kamu.
Bro: gue lupa nggak belajar nih. Minta jawaban nomor 100 dong?
Temen: belum bro
Bro: kalau nomor 1, 2, 3, 4, 5, sampe 99 udah belum? Gue minta dong.
Temen: belum semua bro,
Selang beberapa detik, eh dia malah ngumpulin lembar jawabannya terus ninggalin ruangan gitu aja tanpa ada rasa bersalah. Dulu aja, pas kamu udah selese, dia nahan-nahan kertas jawaban kamu jangan dulu dikasih ke pengawas biar dia bisa nyontek, dasar parasit!

Memang kita diajarkan buat menolong orang dengan ikhlas tanpa mengharap balasan. Tapi kalau orang yang ditolonginnya kayak ciri-ciri di atas sih mendingan nggak usah. Daripada nanti malah sakit hati. Pernah ketemu sama temen dengan ciri-ciri tersebut? Laporin aja ke Komnas HAP (Hak Asasi Pertemanan).

(YG)

Comment di sini