Faktor Gen dapat Memicu Nyamuk untuk Menggigit?

by
April 27th, 2015 at 1:22 pm

CiriCara.com – Kamu tentu pernah kan digigit nyamuk, atau kamu memang sering sekali digigit nyamuk dibandingkan oleh orang lain. Bisa saja kamu sering digigit nyamuk dikarenakan oleh sebuah faktor gen.

Nyamuk

Ist

Para peneliti kesehatan menduga bahwa nyamuk yang sering sekali untuk menggigit manusia dikarenakan aroma tubuh pada manusia mempunyai daya tarik oleh manusia. Namun untuk salah satu peneliti dari London School of Hygiene & Tropical Medicine mengungkapkan kalau faktor gen yang bisa menyebabkan nyamuk sangat tertarik untuk menggigit tubuh manusia.

Para peneltiian melakukan riset dengan mencoba mengumpulkan 18 pasangan perempuan yang mempunyai ciri khas seperti kembar identik dan mengumpulkan 19 pasangan perempuan yang justru tidak mempunyai ciri khas kembar identik. Setelah dikumpulkan, tangan para responden kemudian dimasukkan ke dalam tabung yang mempunyai ukuran serta bentuk huruf Y yang telah berisi 20 nyamuk.

Hasilnya pun cukup mengesankan, bahwa pasangan perempuan yang mempunyai ciri khas identik justru membuat nyamuk memiliki daya tarik untuk menggigit tubuh manusia. Sedangkan untuk pasangan lain yang tidak mempunyai ciri khas kembar identik, daya tarik nyamuk untuk mengigit tubuh manusia cenderung berbeda. Hal ini dikarenakan, gen yang sama pada manusia membuat pengaruh nyamuk untuk menggigit tubuh manusia.

Laporan dari salah satu jurnal PloS One menyatakan bahwa nyamuk memiliki kecenderungan untuk menggigit atau tidak mengigigt tubuh manusia yang disebabkan karena faktor genetik.

Walaupun sudah diteliti, penelitian masih menganggap kalau hasil dari penelitian tersebut masih tahap awal dan untuk itu ingin diteliti lebih lanjut lagi. Dalam hasil penelitian ini, ilmuan mengharapkan kepada peneliti lain untuk bisa menciptakan suatu produk yang bisa melindungi tubuh seseorang dari gigitan nyamuk.

Untuk menghindari dari gigitan nyamuk tersebut, biasanya manusia hanya cukup mengoleskan losion ke bagian kulit untuk terhindar dari gigtan nyamuk.

Perlu kamu ketahui juga bahwa rasa gatal dan munculnya bintik merah pada bagian kulit tertentu yang disebabkan oleh gigitan nyamuk itu juga bisa membuat seseorang terkena demam berdarah, penyakit malaria, dan chikungunya. Jika penyakit ini dibiarkan, maka bisa berakibat fatal terhadap nyawa manusia.

Sumber: Kompas.com

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini