Ini Alasan Kenapa Fish Spa Dilarang di Amerika Serikat

by
April 27th, 2015 at 3:18 pm

CiriCara.com – Memang sih 2 tahun terakhir ini, fish spa atau disebut juga sebagai terapi ikan memang tidak begitu populer. Namun masih ada juga ko yang masih menggunakan fish spa di beberapa tempat tertentu. Tahu gak kalian, bahwa di beberapa negara bagian seperti Amerika Serikat, terapi ikan atau fish spa sudah tidak boleh digunakan lagi atau dilarang.

terapi ikan kesehatan

Ist

Dalam kasus terbaru tersebut, kalau Mahkamah Tinggi dari Amerika Serikat menolak permohonan dari pengajuan spa di Phoenik tepatnya di kota Arizona, Amerika Serikat. Lantaran pengajuan spa itu ditolak, membuat pemilik spa yang ada di Phoenix merasa keberatan dengan adanya pelarangan fish spa itu.

Penolakan mengenai fish spa ini berujung dengan perdebatan yang alot dan panjang. Pemerintah dari Amerika Serikat pun menilai, terapi ikan memang tidak aman bagi kesehatan serta sangat beresiko tinggi untuk menularkan infeksi kepada orang lain.

Oh ya masalah fish spa ini, ikan yang sering digunakan untuk terapi ikan menggunakan ikan yang bernama ikan Garra rufa yang tidak bergigi. Ikan tersebut sering ditempatkan pemilik spa di tempat akuarium sehingga pelanggan yang datang hanya tinggal memasukkan kaki saja ke dalam akuarium. Mereka menganggap bahwa ikan itu dijukuli sebagai ikan dokter. Julukan ikan dokter tersebut dikarenakan ikan itu dapat memakan sel-sel kulit yang sudah mati sehingga membuat kulit seseorang terasa lebih lembut.

Salah satu pemilik fish spa di Phoenix yaitu Cindy Vong, mengungkapkan kalau ia memperkenalkan fish spa ini pada tahun 2008. Ikan ini didatangkan dari Tiongkok kemudian mengubah konsepnya menjadi sebuah terapi menggunakan ikan. Hal inilah yang membuat fish spa sempat populer pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun 2009 yang lalu, Vong sempat ditegur oleh Dewan Kosmetik dari Arizona. Dewan Kosmetik itu menilai kalau terapi ikan ini justru melanggar standar keamanan. Jika spa ikan tersebut tetap dilakukan maka Vong dianggap telah melanggar peraturan hukum.

Alasan yang membuat dewan itu menilai bahwa spa ikan tidak boleh dilakukan ialah ikan tersebut tidak bisa untuk disterilkan dibandingkan dengan peralatan kesehatan seperti pelatan pedicure atau manicure yang bisa disterilkan. Hal inilah yang membuat ikan kurang menjamin kesehatannya jika dilakukan untuk terapi ikan atau fish spa.

Sumber: Kompas.com

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini