5 Langkah Menjaga Kesehatan Otak

by
April 28th, 2015 at 9:04 am

CiriCara.com – Organ yang paling vital pada tubuh kita adalah otak. Otak mempunyai berat hanya 2 % dari berat tubuh orang dewasa. Akan tetapi otak adalah bagian organ tubuh yang kompleks, dahsyat, canggih, dan luar biasa dibanding dengan organ tubuh lainnya. Bagian organ tubuh ini (otak) sebagai motor penggerak dan mengendalikan dari segala sesuatu yang kita lihat, rasakan, lakukan atau katakan. Otak tidak hanya berfungsi untuk berfikir saja tetapi merupakan pusatnya segala aktivitas dari bagian tubuh manusia, mulai dari stimulus hingga level pemrosesan hingga pencapaian rangsanan atau imbal balik yang diberikan oleh tubuh kita.

otak manusia

Ilustrasi otak – Ist

Namun demikian, bagian organ tubuh yang bernama otak, memerlukan asupan atau makanan yang bergizi tinggi. Seperti halnya manusia yang membutuhkan makanan untuk memperlancar keaktifan sehari-hari. Adapun asupan atau makanan yang diperlukan oleh otak, adalah sebagai berikut:

  1. Asam Lemak Omega-3.  Omega tiga sangat penting bagi kesehatan otak, karena kekurangan Omega-3 ini menyebabkan kurang cerdasnya atau IQ menjadi rendah. Sumber dari Omega-3 ini adalah ikan laut, tetapi tidak hanya ikan laut bisa juga dengan pil minyak ikan (krill)
  2. Teh herbal.  Ada dua bagian yang menjadikan teh herbal menyehatkan otak, yaitu dengan teh aromatic seperti Rosemary dan Spearmint dimana kedua aroma ini dapat meningkatkan energi, yang kedua dengan Ginseng dan Ginkgo Biloba fungsinya adalah guna memelihara kesehatan otak yang baik. Ginkgo sebagai teh herbal yang membantu ketersediaan oksigen ke otak melalui saluran transmisi saraf serta meningkatkan aliran darah. Sedangkan Ginseng berfungsi untuk menjaga kesehatan kelenjar adrenal dan hipofisis.
  3. Rempah-rempah.  Ada beberapa jenis rempah-rempah yang dapat meningkatkan kesehatan otak seperti kunyit, kunyit sangat penting bagi kesehatan otak karena dapat mencegah kemungkinan Alzheimer.
  4. Jenis kacang-kacangan dan berry, kacang-kacanga secara lazim digunakan untuk kesehatan mental akan tetapi kacang-kacangan dapat meningkatkan memori, dan semua jenis kacang-kacangan sangat ampuh untuk membuat sehat otak, adapun Berry terkenal dalam pencegahan dan mengurangi terhadap perkembangan Alzheimer dan demensia.
  5. Air merupakan zat konsumsi yang penting tidak otak yang membutuhkan, tetapi untuk kebutuhan tubuh secara menyeluruh. Ada beberapa asupan untuk menyehatkan otak seperti jus dan beberapa air teh, tetapi keduanya bukan serta-merta pengganti air, karena jumlah air bersih yang diminum akan membuat kita jernih untuk berfikir.

Penulis: MasArif

Comment di sini