5 Penyakit Akibat Terlalu Sering Main Game

by
April 28th, 2015 at 8:47 am

CiriCara.com – Kamu tentu pernah kan bermain game? Memang beberapa dari sebagian masyarakat lebih menyukai game PS, smartphone, dan juga komputer. Sebenarnya memang boleh saja sih orang tersebut melakukan aktivitas dengan bermain game. Namun yang perlu diwaspadai ialah jangan terlalu berlebihan bila kita bermain game, hal ini akan berdampak negatif pada kesehatan kita.

tips kenca, cara hemat pacaran, pacaran hemat, cara pacaran saat lagi bokek, tips cinta

Main video games – Ist

Nah buat kamu yang ingin tahu dampaknya bila sering bermain game, simak ulasannya berikut ini seperti yang dilansir dari situs merdeka.com.

1. Playstation Thumb

Memang masih banyak yang belum tahu tentang penyakit yang satu ini. Penyakit Playstation Thumb tersebut dapat mempengaruhi siapa saja yang bermain dengan controller d-pad. Gejala penyakit yang diderita oleh orang jika sering bermain game dengan menggunakan controller d-pad ini cenderung mati rasa dan sering kali mengalami kesemutan di bagian jempol telapak tangan. Jempol tersebut bisa saja melepuh dan terasa begitu membesar.

2. Nintendinitis

Apa sih Nintendinitis. Nintendinitis merupakan suatu istilah pada seseorang bahwa kalau ia mengalami cedera tendon pada bagian pergelangan tangan. Seseorang yang mengalami kondisi seperti ini mungkin saja disebabkan karena ia terlalu lama untuk bermain game seperti Wii Sports.

3. Kecanduan

Memang video game membuat seseorang kerap kali menjadi kecanduan. Orang yang mengalami kecanduan video game karena orang tersebut sedang mengalami gangguan kontrol impuls. Gejala yang dialami oleh seseorang bila terkena kecanduan video game maka bisa menyebabkan seseorang mengalami kenaikan berat badan dan penurunan berat badan, sulit untuk tidur, penurunan pada interaksi sosial, dan kurang peduli dan menjaga kebersihan pribadi.

4. Perilaku agresif

Studi lain menunjukkan bahwa orang yang terbiasa untuk melakukan hal seperti bermain video game justru akan menyebabkan orang tersebut mengalami rasa cemas dan merasa tertekan dibandingkan orang yang jarang bermain bermain game. Anak-anak yang ruang lingkupnya sering sekali untuk bermain game biasanya akan menjadi canggung terhadap kehidupan sosial dan rentan sekali kecanduan bermain video game. Jika sudah begini, orang tersebut akan sulit untuk berkonsentrasi, meningkatnya rasa cemas, sering kali marah-marah, dan sulit untuk tidur.

5. Gangguan penglihatan

Orang yang sering bermain video game dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan gangguan pada fungsi penglihatan. Terlalu lama untuk menatap layar juga sangat berbahayabagi mata. Hal ini dikarenakan mata sering kali dipaksa untuk selalu menatap pada layar dan jarang untuk berkedip sehingga membuat mata menjadi kering.

Bermain game untuk menghilangkan bosan itu boleh saja, tapi jangan berlebihan ya kawan. Ingat! Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Semoga bermanfaat!

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Artikel lainnya: Remaja Taiwan Tewas Akibat Game Diablo III

Comment di sini