7 Manfaat Jamur Kuping Hitam Untuk Kesehatan

by
April 29th, 2015 at 1:37 pm

CiriCara.com – Jamur kuping hitam atau Auricularia Auricular merupakan sejenis kelompok jamur yang diduga sangat bermanfaat dalam penyembuhan dan secara alternatif pelbagai penyakit berat seperti, penyakit jantung, penyakit pembulur darah (atersklerqsis), anti pendarahan, antiplatelet dan anti pengentalan darah.

jamur kuping hitam

Jamur kuping hitam – Ist

Seseorang yang ingin aliran darahnya menjadi lancar maka diusahakan mengkonsumsi jamur kuping hitam tersebut. Mengkonsumi jamur kuping hitam ini tidak saja menjadikan aliran darah menjadi lancar juga berfungsi untuk memperlancar akibat sumbatan di pembuluh darah, juga penyembuhan pada stroke, juga penyembuhan jantung.

Jamur kuping hitam sebagai bahan makanan dan tidak asing lagi bagi masyarakat kita, jamur kuping hitam bisa kita temukan pada menu ‘thimlo solo’ atau oseng-oseng saun. Di negara Cina sendiri jamur kuping hitam ini dikenal sebagai bahan pembuatan obat atau bahan makanan. Sebagai obat dijadikan untuk mengencerkan darah atau antikogulasi semacam proses untuk mencegah pengentalan darah, atau disisi lain sebagai antihaemorhagi yang berarti sebagai penghentian pendarahan.

Manfaat lain daripada jamur kuping hitam tersebut, adalah:

  1. Sebagai penghilang rasa panas pada kulit akibat luka bakar.
  2. Sebagai penghambat pertumbuhan karsinoma dan sarcoma (sel kanker)
  3. Sebagai pencegah dan mengatasi penyakit darah tinggi, pengerasan pembuluh darah akibat proses penggumpalan darah.
  4. Dapat mengatasi kekurangan darah.
  5. Pencegahan dan pengobatan penyakit wasir serta memperlancar buang air besar.
  6. Sebagai penangkal racun dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, racun berbentuk logam berat.
  7. Sebagai obat herbal dalam penyembuhkan penyakit jantung sehingga terhindar dari operasi.

Disamping kegunaan sebagai campuran bahan makanan, jamur kuping hitam juga berfungsi sebagai bahan proses pengentalan dan penetralan. Orang Cina sejak dahulu kala masih mempercaya terhadap lendir yang terdapat pada jamur kuping hitam tersebut yang berkhasiat menetralkan zat atau senyawa berbahaya yang terdapat dalam makanan, tidak mengherankan apabila banyak makanan yang ditambahkan dengan jamur kuping hitam dengan tujuan untuk menetralkan racun pada salah satu bahan makanan tersebut. Demikian secuil tentang manfaat jamur kuping hitam yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Penulis: MasArif

Comment di sini