Apa Itu Bangsa Viking?

by
April 29th, 2015 at 9:18 am

CiriCara.com – Pernahkah kamu membaca artikel sejarah mengenai bangsa Viking? Dalam pelajaran sejarah di sekolah, mungkin kamu pernah sekali membacanya. Lalu, apa kehebatan bangsa Viking?

viking

Ist

Viking adalah suku bangsa dari Skandinavia (Swedia, Norwegia, Denmark) yang berprofesi sebagai pedagang, peladang, penjarah, dan perompak (setelah gagal berdagang). Sekitar 800 hingga 1050, bangsa Viking menduduki sepanjang pesisir, sungai, dan pulau di Eropa, kemudian pesisir timur laut Amerika Utara dan  bagian timur Eropa hingga Rusia dan Konstantinopel. Nenek moyang bangsa Viking diprediksi adalah orang-orang Jerman sekitar 2.000 tahun sebelum era Viking.

Bangsa Viking menyebut diri mereka sebagai Norsemen, yang artinya orang utara. Hingga kini, orang Skandinavia modern masih menganggap diri mereka sebagai ‘nordbor’ yang artinya penduduk utara.

Bangsa Viking pernah menguasai sebagian dunia. Era Viking dimulai sejak penyerangan mereka di pulau Lindisfarne, lepas pantai Northumberland, Inggris, pada tahun 793 Masehi. Dari sini, bangsa Viking beralih ke Irlandia. Karena kekuasaan bangsa Viking di luar Skandinavia, mereka biasanya disebut orang-orang penjarah tak beradab, orang Denmak, orang North, atau orang Norse.

Namun, bangsa Viking juga pernah melakukan upaya kristenisasi Eropa. Penyebaran agama Kristen di Norwegia tidak dapat dipisahkan dengan sejarah Norwegia pada masa keemasan bangsa Viking. Harald Harvagre adalah pemimpin bangsa Viking yang berperan dalam menyatukan Norwegia sekitar tahun 900. Raja Viking, King Olav, mengadopsi agama dari tempat yang didudukinya. Satu abad kemudian, ia membuat semua penduduknya menganut agama Kristen.

Masa pendudukan bangsa Viking meninggalkan banyak jejak di Norwegia, seperti katredal di kota Trondheim. Kini, penduduk Norwegia masih masih mempertahankan tradisi mengenakan kostum tradisional Norwegia yang disebut bunad, dalam acara pernikahan dan berbagai festival. Tarian rakyat, lagu, dan legenda tentang bangsa Viking juga populer di kalangan penduduk lokal.

Leif Eriksson merupakan salah satu keturunan bangsa Viking di Norwegia. Sekitar tahun 985. putra Erik The Red ini mendirikan perkampungan Eropa di Greenland pertama kali. Perkampungan tersebut diyakini adalah L’anse aux Meadows yang ditemukan oleh para arkeolog pada pada tahun 1960-an.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini