Berlibur ke Pantai Itu Menyehatkan!

by
April 29th, 2015 at 2:56 pm

CiriCara.com – Rencana apa yang kalian buat bila hari libur telah datang? Mungkin beberapa dari kalian ada yang ingin merencanakan liburan dengan bepergian ke pantai. Membahas mengenai pantai nih, tahukah gak kalian bahwa berlibur ke pantai ternyata menyimpan sejumlah kesehatan yang baik buat kita loh. Hal ini dikarenakan, beberapa peneliti mengklaim orang yang berkunjung ke tempat pantai maupun laut baik itu cuacanya dalam kondisi cerah maupun hujan, dipercaya memberikan sinyal positif baik untuk kesehatan seseorang.

suasana pantai

Pantai di Bali – Ist

Penelitian baru ini mengungkapkan orang yang cuma berjalan santai di pinggir laut saja dapat memberikan manfaat apa yang dirasakan oleh seseorang. Hal ini dikarenakan, seseorang pasti mempunyai suasana hati yang stres dan buruk, oleh karenanya jika orang tersebut berkunjung ke tempat pantai dipercaya dapat mengatasi masalah pada gangguan suasana hati yang dialami oleh seseorang.

Sebenarnya penelitian ini dilakukan cukup lama juga loh, penelitian tersebut dilakukan kira-kira dua tahun lamanya. Penelitian ini ini juga melibatkan 2.750 peserta, dimana peneliti tersebut berhasil menemukan dimana seseorang yang bersantai di pantai ataupun hanya di pinggir laut diyakini baik untuk kesehatan tubuh baik untuk keadaan emosional maupun fisik., dibandingkan orang yang hanya berjalan-jalan di area taman saja. Walaupun begitu, peneliti juga masih membenarkan juga bahwa orang yang hanya berjalan-jalan ataupun bersantai di lingkungan alam juga dapat membawa rasa ketenangan jiwa dan kebugaran dalam tubuh.

Alasan lain juga diungkap oleh beberapa ilmuan bahwa laut juga dapat memberikan sinyal positif untuk manusia. Hal ini dikarenakan adanya turbulensi yang ada pada ombak laut. Turbulensi ini akan mengubah struktur fisiknya dari udara dan air, kemudian melepaskan ion tersebut ke bagian atmosfer.

Ada juga tempat yang bisa mendatangkan penuh berupa ion negatif sepeti lautan dan juga pegunungan bersalju yang letaknya dekat dengan air terjun. Hal ini bisa meningkatkan mood kamu dengan dengan memicu faktor berupa serotonin dan endorfin.

Tak hanya berlibur ke pantai saja loh, peneliti juga merekomendasikan jika kamu memang ingin mendapatkan penyegaran fisik dan menstabilkan emosi dalam diri kamu bisa juga dengan beristirahat, berjalan santai, dan tidak memaksakan untuk melakukan kerja terus-menerus. Selain itu, waktu luang juga bisa kamu gunakan untuk sekedar berbincang-bincang kepada teman ataupun sahabat. Hal ini dapat memberikan kamu ketenangan dan menjadi lebih baik.

Sumber: Detik.com

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini