Cara Memilih Scrub Wajah Sesuai Jenis Kulit

by
April 29th, 2015 at 11:09 am

CiriCara.com – Agar kulit wajah nampak awet muda, lembut, dan kenyal dibutuhkan proses regenerasi kulit yang sempurna. Makanya Anda perlu memastikan semua sel kulit mati di kulit wajah bisa terangkat sampai bersih agar cepat berganti dengan sel yang baru.

Scrub Wajah

Ist

Untuk membantu proses pengangkatan sel kulit mati, biasanya digunakan bantuan scrub. Anda bisa membeli produk scrub di toko kosmetik atau pun membuat scrub sendiri dengan bahan alami. Scrub ini sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati di wajah.

Namun demikian, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih scrub. Pilih scrub yang memang sesuai dengan jenis kulit Anda, seperti yang dijelaskan oleh Jessica Wu M.D, pemilik Dr. Jessica Wu Skincare dan Dr. Debra Jaliman, ahli dermatologi Amerika Serikat.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Merdeka.com:

1. Kulit kering dan sensitif

Scrub yang cocok untuk kulit jenis ini adalah scrub yang mengandung nutrisi almond dan minyak zaitun. Hal ini berguna untuk mengganti minyak alami kulit agar tidak kering. Pilih scrub yang memiliki butiran lembut dan bebas parfum. Pastikan juga tidak ada bahan yang buat Anda alergi. Untuk kulit jenis ini, sebaiknya lakukan scrub hanya 1 kali dalam seminggu.

2. Kulit kombinasi

Untuk kulit jenis ini, Anda disarankan memilih scrub dengan bahan yang melembutkan. Tapi, jangan pilih scrub yang berminyak ya. Pemakaian scrub yang dianjurkan hanya 2 kali dalam satu minggu. Pusatkan penggunaan scrub ke bagian yang paling berminyak.

3. Kulit berminyak dan berjerawat

Anda disarankan memilih scrub dengan bahan-bahan yang tidak menyumbat pori-pori, hal ini mencegah jerawat di kulit akan menjadi semakin parah. Pemakaian scrub untuk kulit jenis ini hanya 2-3 kali dalam satu minggu.

4. Kulit menua

Pilih scrub yang memiliki butiran lembut dan bebas parfum. Atau, Anda juga bisa memilih scrub yang mengandung gliserin yang baik untuk kulit menua. Hindari scrub dengan butiran kasar, seperti yang menggunakan bahan garam, gula, dan kulit almond. Pemakaian scrub ini 1 kali dalam seminggu.

5. Kulit normal

Kulit Anda tidak ada masalah atau termasuk kulit jenis normal? Anda bisa mencoba scrub mana pun, tapi tetap harus melihat kandungannya. Jika ingin membuat sendiri, scrub yang cocok adalah dengan bahan pepaya atau nanas. Scrub alami ini bisa membuat kulit wajah Anda jadi lebih berseri. Untuk kulit normal, Anda bisa melakukan scrub 1-3 kali dalam seminggu, disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Demikian pilihan-pilihan scrub sesuai dengan jenis kulit. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat!

(YG)

Comment di sini