Fakta Unik Tentang Keju

by
April 29th, 2015 at 3:03 pm

CiriCara.com – Apakah Anda suka makan keju? Apa saja fakta unik dan menarik tentang makanan dari fermentasi susu ini?

Keju meredakan stres / Ist.

Keju meredakan stres / Ist.

Keju, yang dalam bahasa Inggris disebut ‘cheese’, berasal dari bahasa Latin ‘caseus’ yang artinya diermentasi atau menjadi asam. Keju terbuat dari susu sapi, kerbau, kambing, domba, kuda, maupun unta yang difermentasikan. Namun, tak semua keju terbuat dari susu hewan. Orang yang vegetarian bisa menikmati keju yang berbahan dasar nabati, seperti susu kedelai dan kacang almond.

Semua orang tahu bahwa keju berwarna kuning. Bagaimana bisa susu yang berwarna putih berubah menjadi keju yang berwarna kuning? Ternyata, warna kuning pada keju didapatkan melalui penambahan annatto, bibit pohon tropis.

Produksi keju pertama kali bisa dilacak hingga tahun 8.000 SM ketika domba pertama kali diternakkan oleh manusia. Masyarakat Yunani kuno menganggap Aristaeus sebagai penemu keju feta. Hinggi kini keju feta masih banyak digunakan dalam masakan ala Yunani.

Terdapat banyak tipe keju, mulai dari keju keras. keju lunak, keju krim, dan keju olahan. Keju yang keras lebih tahan lama dibanding keju lunak. Tetapi, keju lunak memiliki lemak yang lebih rendah, sehingga cocok digunakan untuk program diet. Semua jenis keju ini bisa digunakan untuk memasak. Uniknya, keju bisa mengental jika ditambahkan jus lemon atau cuka.

Tahukah kamu, seorang penjual keju disebut dengan ‘cheesemonger’ bukan ‘cheese seller’. Di Eropa, kebiasaan mengumpulkan label keju dikenal dengan sebutan tyrosemiophilia. Menurutmu, lebih asyik mana, mengumpulkan label keju atau makan kejunya?

Mengonsumsi keju dapat menjaga tulang tetap sehat dan kuat, serta menghindari resiko osteoporosis dan tulang lemah. Sebab, ada kandungan kalsium dan vitamin D dalam keju lunak. Bagi perempuan, sangat dianjurkan mengonsumsi keju untuk kebutuhan kalsium yang hilang saat menstruasi dan proses persalinan.

Mengenai konsumsi keju, ternyata orang Yunani rata-rata mengonsumsi lebih dari 31 kg keju per tahun, orang Prancis 26 kg keju per tahun, sedangkan orang Islandia mengonsumsi 25 kg keju per tahun. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah mengonsumsi keju hari ini?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini