Jenis Olahraga yang Tepat Bagi Si Anak

by
April 29th, 2015 at 8:44 am

CiriCara.com – Sebenarnya bukan hanya orang dewasa saja yang ingin memperoleh waktu olahraga yang cukup dan teratur. Melainkan anak-anak juga perlu untuk melakukan aktivitas olahraga agar badan sehat. Jika anak tersebut kurang aktivitas seperti olahraga mungkin saja anak tersebut akan rentan mengalami berbagai penyakit.

Olahraga Anak

Ist

Menurut dr. Sophia Hage yang merupakan dokter spesialis olahraga seperti yang dilansir dari kompas.com mengatakan anak-anak yang rutin melakukan aktivitas olahraga akan menyebabkan anak tersebut terhindar dari penyakit seperti penyakit jantung, penyakit obesitas, dan untuk waktu yang jangka panjang, anak itu akan terhindar dari penyakit diabetes. Selain olahraga, hal yang perlu diperhatikan pada anak ialah pola gizi yang seimbang demi mendapatkan tumbuh kembang yang optimal bagi pertumbuhan anak.

Manfaat yang lain bila anak tersebut melakukan olahraga ialah dapat menguatkan kapasitas jantung pada anak, otot, paru-paru , sehingga anak tersebut akan selalu tetap sehat, bugar, dan tumbuh tinggi. Olahraga juga membuat si anak dapat meningkatkan kecerdasan.

Dokter pun menyarankan untuk anak yang berusia 5 sampai 12 tahun melakukan aktivitas olahraganya dengan durasi waktu 1 jam saja demi mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Aktivitas olahraga yang dapat dilakukan oleh anak beragam, namun disarankan olahraga pada anak jangan hanya pada aerobik saja, tambahkan pula olahraga yang mempunyai manfaat untuk kekuatan pada otot si anak. Latihan aerobik meliputi olahraga seperti senam, renang, dan jogging. Untuk meningkatkan kekuatan otot pada anak, kamu bisa lakukan olahraga seperti push up, sit up, hula hoop, dan tarik tambang.

Direkomendasikan pula untuk olahraga pada anak ialah badminton, sepak bola, voli, maupun basket. Hal ini dikarenakan banyak sekali kondisi di lingkungan khususnya anak-anak menggemari olahraga seperti ini. Bahkan olahraga tersebut mempunyai nilai positif seperti bersosial, dan adanya unsur kompetisi.

Bila para orang tua yang menginginkan anak untuk meningkatkan kekuatan tulang dan mengoptimalkan kepadatan tubuh si anak. Disarankan dengan melakukan olahraga seperti berlari dan lompat tali. Hal ini membuat si anak dapat latihan untuk mengangkat beban tubuhnya sendiri.

Sumber: Kompas.com

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini