Kamu Susah Tidur? Ini 5 Tips untuk Mengatasinya

by
April 29th, 2015 at 11:54 am

CiriCara.com – Mungkin beberapa dari kalian, aktivitas seperti tidur sering kali tidak begitu nyenyak entah itu kepikiran pekerjaan yang terlalu banyak, masalah rumah tangga, atau mungkin tugas kuliah yang begitu padat sekali. Banyak orang yang mencoba serta berusaha agar mendapatkan tidur yang nyenyak dengan cara melupakan hal-hal yang tidak perlu dan mengkonsumi obat penenang agar mendapatkan tidur yang lelap.

tidur / Ist

tidur / Ist

Intinya orang yang ingin menenangkan pikiran serta mendapatkan tubuh segar atau rileks yakni dengan cara tidur. Hal yang mesti kamu percayai juga, orang yang menjaga tidurnya secara teratur diyakini akan menjadi sehat, berpikir jernih, dan awet muda. Perlu diingat juga ya, orang yang berlebihan melakukan aktivitasnya untuk tidur melulu juga tidak baik untuk kesehatan. Hal ini akan merusak kesehatan fisik maupun psikis.

Biasanya orang yang memang ingin sekali membutuhkan asupan cukup untuk meluangkan tidurnya yakni 8 jam dalam sehari. Nah supaya tidur kamu terasa lebih nyaman dan nyenyak untuk tidur, Berikut informasi seputar tips yang bisa kamu ambil manfaatnya seperti yang dilansir dari situs vemale.com.

- Jangan memakai pakaian yang ketat

Supaya kamu mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, tentunya kamu jangan mengenakan pakain yang terlalu ketat pada saat ingin tidur. Usahakan pada saat kamu ingin tidur, gunakan pakaian yang terasa longgar supaya terasa nyaman di badan. Efek yang didapat bila kamu memakai pakaian yang longgar ialah dapat membantu aliran darah kamu menjadi lebih baik sehinnga hal ini membuat aktivitas tidur kamu terasa lebih nyaman dan terpenting lagi badan kamu juga ikut kebawa lebih sehat.

- Berhenti merokok

Tentu semua orang tahu bahwa rokok itu berbahaya dan menggannggu kesehatan. Hal yang terpenting yang mesti kamu ketahui adalah bahwa rokok bisa menjadikan kualitas tidur seseorang menjadi berkurang. Hal ini dikarenakan terdapat zat nikotin serta zat lain yang terkandung pada rokok mempunyai efek untuk menurunkan kualitas tidur seseorang, meningkatkan risiko kanker pada tubuh manusia, meningkatkan risiko penyakit jantung, dan rusaknya paru-paru. Nah buat kamu yang memang ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik, berhentilah merokok dari sekarang.

- Rajin makan buah pisang

Beberapa studi lain menyatakan seseorang yang rajin untuk mengonsumsi buah pisang membuat suasana hatinya merasa nyaman, tenang, dan pikiran menjadi lebih jernih. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Ketika kamu memang ingin mendapatkan tidur yang nyaman, maka disarankan untuk mengonsumsi buah pisang sebelum tidur. Selain buah pisang ini mengenyangkan dan membuat tidur kamu jadi lebih baik, buah pisang juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan kulit.

- Minum Susu Hangat

Jika kamu sedang mengalami stres ataupun hati kamu terasa gelisah, coba kamu konsumsi susu hangat. Minum susu hangat dipercaya mampu menenangkan suasana hati dan meredakan stres yang dialami oleh manusia. Susu sendiri memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan seperti triptofan, asam amino, dan vitamin lain. Vitamin pada susu dipercaya juga mampu untuk melawan sel-sel jahat penyebab seseorang mengalami insomnia dan stres.

- Matikan lampu jika mau tidur

Beberapa studi lain menyatakan jika seseorang ingin mendapatkan tidur yang berkualiatas lebih baik untuk mematikan lampu di ruangan tempat tidur. Cara tersebut memang efektif untuk kamu yang ingin mendapatkan tidur yang berkualitas. Lagi pula cahaya ruangan ketika kita tidur dapat membahayakan kesehatan serta dapat menurunkan kualitas tidur kamu. Tapi jika kamu memang takut akan hal kegelapan di ruangan kamar, usahakan untuk menggunakan lampu tidur yang memang remang-remang supaya lebih menenangkan dan hangat untuk tidur.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini