Manfaat Jamur Bagi Kesehatan

by
April 29th, 2015 at 8:55 am

CiriCara.com – Jamur atau Agaricus merupakan golongan spesies yang berbeda dan mempunyai nama yang berbeda. Dan jamur dimasukkan ke dalam keluarga Saprophytes atau organisme yang tidak mempunyai klorofil dan berkembang biak dengan cara yang unik yaitu mengekstrasikan nutrisi dari tanaman yang sudah mati dan membusuk. Keanekaragaman warna yang bervariasi merupakan ciri khas jamur, termasuk bentuk-bentuknya, tekstur dan sifat. Sekarang jamur telah dikonsumsi oleh manusia dan yang sering dikenal seperti jamur merang, jamur kuping, jamur kancing, jamur tiram putih, jamur kayu, dan lain sebagainya.

jamur / Ist

jamur / Ist

Dikonsumsi oleh manusia karena beberapa jamur mengandung banyak protein, mineral, vitamin asam amino, antibiotik alami juga antioksidan. Kandungan gizinya juga sangat banyak dibanding tanaman lain seperti lemak, lemak tak jenuh ganda, lemak tak jenuh tunggal, kolesterol, sodium, karbohidrat, kalium, gula, protein, vitamin A, B6, B12, kalsium, magnesium, besi, serat.

Adapun manfaat yang lain jamur untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  • Tingkat kolesterol yang rendah. Dengan jumlah kolesterol 0 persen sangat berguna bagi orang yang mempunyai kolesterol yang tinggi. Dengan demikian bagi yang terkena struk atau diabetes disarankan untuk mengkonsumsi jamur.
  • Kanker payudara dan prostat. Jamur sangat efektif untuk pencegahan kanker payudara dan prostat, zat pada jamur seperti Beta-glukan dan asam linoleat yang mempunyai fungsi sifat anti efek karsinogenik. Keduanya sangat membantu dalam menekan estrogen. Betaglukan ini bergunan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Peningkatan imunitas terhadap infeksi. Ergothioneine merupakan antioksidan yang kuat pada jamur dan sangat efektif dalam memberikan perlindungan dari radikalbebas serta penghimpun dari kekebalan tubuh. Jamur mengandung antibiotik yang sangat alami dan akan menghambat bila terkena infeksi jamur, bakterial, virus dan lain sebagainya.  Bisa dijadikan dalam penyembuhan borok atau luka, bisul serta melindungai dari infeksi.  Kombinasi yang lebih baik antara vitamin A,C, dan B-Kompleks juga ditemukan pada jamur yang berfungsi untuk memperkuat kekebalan tubuh.
  • Menjaga berat badan. Lemak yang berlebihan pada tubuh sangatlah tidak nyaman apalagi kegendutan (obesitas), jamur mengandung karbohidrat rendah sehingga bisa dikatakan bahwa mengkonsumsi jamur sangat mengurangi kegendutan badan.
  • Manfaat lain dari jamur adalah sebagai sayuran sebagai sumber kedua vitamin D, dimana pada jamur mengandung kaya kalium yang baik untuk kesehatan tulang, zat besi untuk menghindari anemia, selenium sangat bagus untuk kesehatan tulang-tulang seperti gigi, kuku juga rambut.

Perhatian

Pemaparan tentang jamur tersebut merupakan jamur yang bermanfaat untuk dikonsumsi oleh manusia, tetapi ada jamur yang mengakibatkan atau merugikan kesehatan atau efek negatif, karena tidak semua jamur bisa dikonsumsi oleh manusia. Cari tahu tentang jamur-jamur yang lazim dikonsumsi seperti jamur tiram putih.

Demikian tentang jamur. Selamat membaca.

Penulis: MasArif

Comment di sini