8 Manfaat Buah dan Minyak Zaitun

by
April 30th, 2015 at 9:16 am

CiriCara.com – Minyak zaitun mempunyai beberapa manfaat khususnya kecantikan disamping mampu melembutkan kulit wajah, minyak zaitun juga dapat mempertahankan keindahan kulit tubuh, juga keindahan rambut secara alami. Dianggap berkhasiat untuk kecantikan sehingga artis asal Italia Sophia Loren sangat menyukai sekali berendam dalam minyak zaitun, dan dia terlihat cantik sepanjang masa dan awet muda walau sudah berusia 70-an tahun.

Minyak dan Buah Zaitun

Ist

Minyak zaitun sangat aman apabila digunakan secara langsung pada kulit tubuh. Selain untuk mempercantik keindahan tubuh, minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai:

  1. Membersihkan dan memperindah kulit wajah, cukup dioleskan secara langsung agar kulit wajah menjadi lembab apalagi kulit wajah yang kering dan kasar, tetapi tidak untuk kulit yang berminyak karena dapat merangsang timbulnya jerawat.
  2. Mencerahkan kulit wajah agar tidak muncul kerutan-kerutan pertanda penuaan. Caranya ambil 1 sendok makan minyak zaitun dengan ½ sendok makan cuka apel dan ½ sendok makan air, dicampur dan diaduk hingga rata setelah itu ulaskan pada wajah yang telah dibasahi dengan air dan dilakukan setiap menjelang malam ketika akan tidur.
  3. Digunakan untuk srubbing, ambil 1 sendok makan zaitun dengan ½ sendok gula pasir. Sebelumnya wajah dibasahi terlebih dahulu, kemudian ulaskan campuran tersebut. Gosok searah jarum jam secara perlahan, gosokan saja jangan ditekan, kemudian bilas dengan air hangat kemudian dikeringkan dengan handuk yang bersih.  Perawatan seperti ini sebaiknya dilakukan secara teratur untuk meremajakan kulit, sekaligus agar timbul regenerasi kulit.
  4. Bila mempunyai bibir yang kasar dan pecah-pecah, maka ulaskan dengan minyak zaitun jenis extra virgin setiap malam saat akan tidur.

Disamping minyak zaitun dimanfaatkan untuk kesehatan kulit, buah zaitupun dapat digunakan sebagai penawar dan pencegahan penyakit, seperti:

  • Mencegah kanker. Zat antioksidan dan karotenoid pada buah zaitun berguna untuk membantu dan menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang bisa menimbulkan kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung, kanker usus besar dan kanker jenis lainnya.
  • Pencernaan menjadi sehat kembali. Buah zaitun dapat digunakan untuk pencernaan dimana dapat mengeluarkan gas dan racun yang menyebabkan pencernaan menjadi terganggu.
  • Pencegahan terhadap penyakit jantung dan resiko diabetes. Kedua penyakit ini sudah umum terjadi, oleh karena itu buah zaitun adalah solusi yang utama dalam pencegahan dan pengobatan secara dini terhadap penyakit jantung dan diabetes.
  • Mencerahkan pengelihatan dan pencegahan asma.  Antioksidan pada buah zaitun dapat digunakan untuk kesehatan mata dan meningkatkan pengelihatannya. Sedangkan pencegahan asma karena dalam buah zaitun terdapat vitamin C yang mampu dalam membantu agar terhindar dari Asma.

Penulis: MasArif

Comment di sini