Apa itu PT?

by
April 30th, 2015 at 11:44 am

CiriCara.com – Pernah denger nggak misalnya ada yang namanya PT. A atau PT. B? Pasti pernah dong. Lalu apa sih PT? Sebagian besar kita hanya tahu PT adalah perusahaan saja. Padahal PT adalah sebuah badan usaha yang juga memiliki spesifikasi tertentu. PT adalah singkatan dari Perseroan Terbatas. Nah apa sih spesifikasi dari PT?

Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas (PT) – Ist

Berikut spesifikasi dan fakta seputar PT:

1. Berbadan Hukum

PT adalah sebuah badan usaha yang berdasarkan hukum. Apa keuntungannya dengan ini? Ya tentu saja semua prosedur yang dijalankan oleh usaha melalui PT ini berdasarkan aturan hukum yang telah ditetapkan oleh masing-masing negara tempat PT itu dibentuk. Keuntungan adanya hukum pada PT ini adalah untuk menjaga keamana dalam proses berjalannya usaha. Jadi semua yang berjalan pada PT ini lebih berpatokan pada hukum sehingga keamanan usaha lebih terjaga.

2. Jumlah Pendiri Minimal Dua Pihak

Maksudnya apa nih dua orang. Kalau sebuah PT dibangun oleh sepasang suami dan istri, berarti itu dua pihak dong. Bukan. Yang dimaksudkan dua pihak dalam hal ini adalah dua pihak. Suami dan istri memiliki kesatuan jumlah harta yang sama. Jadi kalau kalian mau membangun PT harus mengajak PT lain yang kekayaannya bisa membantu dalam mendirikan PT tersebut.

3. Modal Dasar Minimal 50 Juta Rupiah

Yang dimaksudkan modal minimal ini bukanlah kekayaan pribadi kalian. Melainkan modal 50 juta rupiah ini adalah sebagai modal minimal yang digunakan dalam keberlangsungan perusahaan.

4. Kekayaan Pribadi Terpisah dari Kekayaan PT

Jadi, data kekayaan pribadi kalian tidak boleh disatukan dengan kekayaan PT yang kalian bangun. Jadi andaikan PT kalian bangkrut, maka kekayaan kalian secara pribadi tidak akan terganggu. Namun dengan catatan kekayaan pribadi kalian, tidak kalian gunakan untuk menjamin hutang PT atau digadaikan untuk mendapatkan modal PT. Seringkali mereka bangkrut beserta kekayaan pribadinya karena mengikutsertakan kekayaan pribadi dalam memperoleh modal dan mendapatkan hutang.

Nantikan pembahasan mengenai berbagai badan usaha untuk jenis wirausaha yang kalian bangun. Semuanya bergantung pada keinginan kalian sendiri dengan melihat jenis usaha dan apa yang ingin kalian dapatkan.

Penulis: Blue 17

Comment di sini