Di AS Ada Mata Kuliah Kencan

by
April 30th, 2015 at 8:58 am

CiriCara.com – Jika kamu seorang mahasiswa, jurusan apa yang kamu ambil? Mata kuliah yang harus diambil juga ditentukan oleh jurusanmu. Namun, ada mata kuliah unik di sebuah universitas di Negeri Mc Donald, yaitu Ball State University di Indiana. Kampus ini menawarkan mata kuliah unik, namun relevan dan aplikatif. Kelas tersebut dinamai Cardinal Chemistry. Apa itu?

cinta

Merasa dicintai – Ist

Dalam berita yang dikutip dari Ball State Daily, pada November 2014 lalu, mata kuliah unik ini mengajarkan mahasiswa agar berhasil dalam berkencan. Secara akademis, materi yang diajarkan di kelas ini adalah seputar kepemimpinan dan komunikasi. Meski terkesan intim, namun mata kuliah ini bertujuan untuk membuat mahasiswa menjadi berteman dekat.

Melalui mata kuliah Cardinal Chemistry, kampus ingin melihat apakah dua orang dapat jatuh cinta dan murni membangun hubungan. Dalam sebuah simulasi, tiga mahasiswa menjadi sukarelawan dan berperan sebagai bujangan (bachelor). Dalam simulasi itu, para bujangan diminta memilih satu dari sekian kandidat perempuan. Kemudian, mereka terlibat dalam kencan kilat berupa sesi obrolan beberapa menit. Selanjutnya, para gadis mengisi survei kepribadian. Dan para pria harus mengevaluasi diri mereka setiap hari berdasarkan hasil survei yang telah diisi.

Sekilas, simulasi ini mirip dengan acara reality show, kan? Sebab, mahasiswa seisi kelas turut berperan serta membuat skenario hubungan bagi tiga pasangan tersebut. Ada tim khusus yang menetapkan alur romansa, penceritaan, dan psikoanalisis bagi partisipan. Bahkan, kencan-kencan yang dilakukan juga direncanakan dengan matang. Bahkan, para partisipan juga mengunggah kegiatan mereka ke sosial media. Ketika ‘pasangan kencan’ masuk kelas keesokan harinya dan ditanyai teman-teman, mereka tidak boleh merahasiakan apapun.

Jika di Ball State University ada mata kuliah kencan, lain lagi di Singapura. Para pengguna ponsel di Singapura, khususnya muslim, menggunakan aplikasi kencan bernama Mat and Minah. Kata ‘Mat’ dan ‘minah’ adalah bahasa slang untuk menyebut laki-laki dan perempuan Melayu.

Aplikasi pencari teman kencan tersebut dapat dipakai di iPhone dan ponsel Android lainnya. Mat and Minah dibuat oleh Perusahaan Skimly. Direktur Skimly, Zuraimie Ismail, mengaku terinspirasi oleh kakak dan teman-temannya yang belum juga punya pacar. Dengan aplikasi ini, diharapkan kaum jomblo Melayu di Singapura segera memiliki pasangan hidup. Sejauh ini, Mat and Minah telah diunggah sebanyak 300 kali dengan 200 pengguna aktif.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini