Ini Bahaya Pakai Shampo Setiap Hari

by
April 30th, 2015 at 1:42 pm

CiriCara.com – Untuk mendapatkan rambut yang bersih dan lembut, kita biasanya memakai shampo saat keramas. Sudah banyak produk shampo yang mengklaim mampu membuat rambut bersih dan bebas dari ketombe.

sampo

Ist

Meskipun demikian, keramas memakai shampo sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Pasalnya shampo juga mempunyai dampak negatif pada tubuh manusia jika digunakan secara terus menerus atau setiap hari.

Langsung saja simak penjelasan bahaya memakai shampo setiap hari, seperti yang dilansir Boldsky, Selasa (18/4/2015), berikut ini:

1. Rambut dan kulit kepala rusak

Kandungan SLS pada shampo ternyata bisa membuat rambut dan kulit kepala jadi rusak jika digunakan terus menerus. Rambut akan mengalami kerusakan folikel dan juga kerontokan. Dapat memicu peradangan dan iritasi kulit kepala. SLS adalah kandungan yang membuat busa dalam produk shampo.

2. Masalah mata

Bahan SLS atau SLES yang ada pada shampo juga dapat menyebabkan katarak pada mata orang dewasa. Tidak hanya itu, bahan kimia tersebut juga dapat menghambat perkembangan mata pada anak. Apabila terkena mata secara langsung, shampo akan membuat mata terasa pedih dan sesansi seperti terbakar.

3. Masalah kulit

Memakai shampo setiap hari juga dapat menimbulkan masalah kulit seperti ruam, radang kulit, gatal-gatal, dan kemerahan. Hal ini terjadi karena bahan kimia yang terkandung di dalam shampo akan mengurangi produksi alami minyak dari kulit. Akibatnya kulit menjadi kering dan sangat rentan terkena iritasi.

4. Kekebalan tubuh menurun

Terlalu sering menggunakan shampo ternyata juga bisa berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini bisa disebabkan oleh bahan SLS atau SLES. Dimana 95% produk shampo hampir semuanya menggunakan bahan SLS.

5. Menyebabkan kanker

Bahan kimia Diethanolamaine (DEA) dan nitrit yang terkandung di dalam shampo bisa bereaksi menjadi nitrosamin yang bisa menyebabkan senyawa kanker. Selain itu, paraben yang juga terkandung pada shampo bisa menyebabkan kanker payudara jika dipakai terlalu sering atau setiap hari.

Nah, udah tahu kan kalau memakai shampo setiap hari itu berbahaya? Lebih baik gunakan shampo di saat rambut Anda sudah terasa kotor saja, atau maksimal 1-2 kali dalam seminggu. Untuk menghindari dampak buruknya, Anda juga bisa memilih shampo yang tidak terdapat bahan kimia berbahaya. Semoga bermanfaat ya.

(YG)

Comment di sini