Tips Self Control Saat Transaksi Non-Tunai

by
April 30th, 2015 at 8:44 am

CiriCara.com – Memang tidak bisa dipungkiri, sekarang banyak orang yang lebih menyukai transaksi non-tunai. Apalagi bagi mereka yang berada di kota besar. Transaksi non-tunai sudah merupakan hal yang sangat banyak dilakukan bagi mereka baik dalam berbisnis, berbelanja dan dalam berbagai pembayaran.

Belanja pakai kartu kredit

Belanja pakai kartu kredit – Ist

Dalam hal berbelanja, tentunya sangat mengasyikan jika kalian membeli sesuatu tanpa menggunakan uang tunai. Namun beberapa hal harus ditahan dalam melakukan transaksi non-tunai. Berikut beberapa hal tersebut.

1. Kelebihan Berbelanja

Kita seringkali melakukan hal yang di luar dugaan. Karena dengan melakukan transaksi secara non-tunai kita seringkali tidak menyadari jika kita sudah berbelanja apa saja saat itu. Jadi alhasil kita sering lupa bahwa kita sudah menghabiskan begitu banyak uang. Nah, itu yang ribet. Makanya kita lebih baik mencatat dan menyimpan struk belanja kita agar kita sadar kita sudah belanja berapa banyak dan sudah menghabiskan uang berapa banyak juga.

2. Sering Membeli Sesuatu Yang Tidak Dibutuhkan

Karena melakukan transaksi tanpa uang secara nyata, kita sering yang suka dinamakan lapar mata. Kita melihat ini merasa ingin beli. Melihat itu ingin beli. Karena saat melakukan transaksi non-tunai kita hanya melihat kartu kita digesek untuk membayar belanjaan kita bukan kita melihat sejumlah uang tunai kita berpindah ke tangan orang lain. Jadi kita merasa tidak terlalu sakit.

3. Mengejar Target Belanja dan Promo

Memang menggunakan kartu bank seperti kartu kredit, kartu debit dan flazz sering diberikan promo tertentu. Namun tanpa kita sadari, kita sering menghabiskan uang untuk mengejar promo yang diberikan dengan penggunaan kartu tersebut. Padahal belum tentu kita membutuhkan hal tersebut. Alhasil kita membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dan kita pun harus membayar sejumlah uang lebih karena pembeli dalam mengejar promosi tersebut.

Hal di atas adalah sterlihat lebih simpel, namun ternyata hal tersebut dapat membuat kita menjadi lebih konsumtif jika kita tidak menumbuhkan self control dari dalam diri kita sendiri. Selamat hidup bahagia. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini