7 Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan

by
May 4th, 2015 at 9:29 am

CiriCara.com – Buah jambu air adalah kelompok buah-buahan yang dikenal oleh masyarakat luas, baik ditanam sendiri atau dijual buahnya di pasar-pasar tradisional atau Supermarket, Mall dan lain sebagainya. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, sehingga buah ini sangat dikenal dimana-mana.

Jambu air

Ist

Buah jambu air ini mempunyai rasa manis dan sedikit asam tetapi sangat menyegarkan bila dipetik secara langsung. Banyak orang memanfaatkan jambu air ini, ada yang dimakan langsung, dibikin jus jambu air, atau dipergunakan untuk menyehatkan tubuh. Adapun manfaat dari jambu air ini adalah:

  1. Memantau diabetes. Akaloid seperti jambosine merupakan zat yang berfungsi untuk menghalangi serta mengatur konversi pati menjadi gula. Hal tersebut merpakan perkembangan yang sangat penting bagi orang yang terkena diabetes.
  2. Memperlancar pencernaan. Selain diabetes, buah jambu air ini mengatur perjalanan makakan yang melalui saluran pencernaan juga menghilangkan sembelit, juga berfungsi sebagai pengobatan tradisional pada bijinya yang digunakan untuk pencegahan disentri dan diare.
  3. Penawar kanker. Senyawa organik yang terdapat dalam buah jambu air mengandung banyak vitamin C dan vitamin A, berfungsi untuk pengobatan kanker serta pencegahan paling efektif, kanker ini seperti kanker payudara dan kanker prostat pada pria.
  4. Jantung menjadi sehat. Begitu banyaknya sertat pada jambu air dapat mensignifikansikan terhadap kolesterol. Dan bermanfaat untuk menekan kemungkinannya terjadi konflikasi kardiovaskular misalnya stroke, jantung koroner, dan serangan jantung mendadak.
  5. Sistem kekebalan tubuh. Jambu air bila dikonsumsi dapat melindungi kulit dari perbagai perkembangbiakan infeksi sehingga tubuh menjadi kebal terhadap serangan penyakit.
  6. Detoksifikasi. Bila jambu air direbus dapat dijadikan sebagai zat diauretik yang berguna untuk membersihkan toksisitas ginjal dan hati, disamping itu untuk menjadikan badan menjadi sehat secara keseluruhan dan juga membantu dalam pengefisiensi metabolisme tubuh.
  7. Kulit tubuh menjadi segar. Bila mempunyai kulit kering dan kusam, maka mengkonsumsi jambu air, karena jambu ari mengandung banyak air yang melimpah serta banyakan vitamin C yang mengandung antioksidan yang dapat mengindari penuaan dini.

Ketujuh manfaat di atas merupakan sisi positif dari jambu air, akan tetapi sisi negatif daripada jambu air adalah dapat menyebabkan racun karena di dalam jambu air terdapat sianida, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter bila jambu air ini dijadikan obat.

Penulis: MasArif

Comment di sini