Apa Itu Politeisme?

by
May 4th, 2015 at 8:46 am

CiriCara.com – Politeisme berasal dari kata ‘poly’ yang berarti banyak, ‘theo’ yang artinya Tuhan, dan ‘ism’ yang artinya paham atau keyakinan. Politeisme yaitu suatu keyakinan bahwa ada banyak dewa dan dewi yang memiliki kekuatan lebih.

Dewa Dewi Yunani Kuno

Patung Dewa Dewi Yunani Kuno – Ist

Masyarakat Yunani Kuno memercayai banyak dewa. Beberapa dewa pernah berkuasa atas aspek-aspek tertentu dari alam. Misalnya, Zeus adalah rajanya para dewa dan dewa langit yang mengirimkan guntur dan kilat, Poseidon menguasai laut dan gempa bumi, Hades melemparkan kekuatan yang luar biasa di seluruh batas-batas kematian, dan Helios yang dikendalikan matahari.

Dalam agama atau kepercayaan Yunani kuno, para dewa bertindak seperti manusia dan memiliki sifat buruk manusia. Mereka akan berinteraksi dengan manusia, anak-anak, bahkan melakukan pemijahan dengan mereka.

Uniknya, beberapa dewa dikaitkan dengan kota tertentu. Dewa Athena dikaitkan dengan kota Athena, Apollo dengan kota Delphi dan Delos, Zeus dengan kota Olympia, dan Aphrodite dengan kota Korintus. Sedangkan dewa lainnya dikaitkan dengan negara-negara di luar Yunani, misalnya Poseidon dikaitkan dengan Ethiopia dan Troy, dan Ares dengan Thrace.

Agama Yunani memiliki mitologi yang luas. Ada cerita dan mitos tentang para dewa dan bagaimana mereka mempengaruhi manusia di Bumi. Mitos ini sering bertema kisah kepahlawanan dan tindakan mereka, seperti Herakles (Hercules) dan Dua Belas Buruh, Odiseus dan Rumah Perjalanan, Jason dan Pencarian Bulu Domba Emas, dan Theseus dan Minotaur. Beberapa mitos agama Yunani telah dijadikan ide cerita film, seperti Hercules dan Percy Jackson.

Pernahkah kamu menonton film Troy yang dibintangi Brad Pitt dan Orlando Bloom? Cerita tersebut didasarkan pada mitos agama Yunani, yakni perang Troya antara Yunani dan Troy. Cerita tentang dewa lain yang didasarkan pada masa setelah perang, contohnya Pembunuhan Raja Agamemnon dari Argos dan Petualangan Odiseus Sekembalinya ke Ithaca.

Orang Yunani percaya dalam dunia bawah (Underworld) di mana roh-roh orang mati pergi setelah kematian. Jika pemakaman tidak pernah dilakukan, orang Yunani biasanya percaya bahwa roh orang itu tidak akan pernah mencapai dunia bawah dan akan menghantui dunia sebagai hantu selamanya. Menurut kamu, apakah kepercayaan ini adalah ide cerita pembuatan film vampir Underworld? Mungkin saja.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini