Apa yang Membuat Orang Takut Berbisnis?

by
May 4th, 2015 at 9:07 am

CiriCara.com – Siapa sih yang nggak mau jadi seorang bos? Hampir seluruh orang di dunia ini ingin sekali memimpin dan memerintah. Bukan dipimpin dan diperintah. Seperti dalam hal bisnis, hampir setiap orang ingin jadi seorang bos bukan seorang karyawan.

gagal dalam bisnis

Takut gagal – Ist

Namun pada faktanya banyak dari kita yang malah menjadi seorang karyawan. Padahal kita memiliki peluang yang sama untuk mendirikan sebuah bisnis dan berpeluang menjadi seorang bos. Apa saja yang membuat orang takut berbisnis?

1. Takut Gagal

Ini yang paling ditakutin. Mereka seringkali berpendapat bagaimana jika saya menjalankan usaha namun tidak berhasil. Bagaimana saya bisa mendapatkan penghasilan dengan kegagalan bisnis saya tersebut. Bagaimana jika saya kehilangan modal saya. Bagaimana jika saya tidak bisa bersaing di pasar? Berbagai pertanyaan negatif timbul. Namun yang namanya mau mencapai sebuah puncak, kita harus menaiki tangga dengan susah payah walaupun beberapa kali kita mungkin merasa lelah dan terjatuh. Namun itulah cara agar pribadi kita terbentuk. Yang penting usaha.

2. Penghasilan yang Tak Menentu

Kalau saya menjadi seorang karyawan kan, saya akan mendapatkan gaji yang sama tiap bulannya. Jadi saya tidak usah pusing bagaimana cara untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saya. Kalian boleh saja berpikiran seperti itu. Namun berbisnis memang memberikan penghasilan yang tak menentuk. Tapi berbisnis bisa memberikan penghasilan yang tak terbatas. Kalian mau pilih yang mana?

3. Stress dan Usaha Sendiri

Kalau andaikan kita sedang dalam masalah berbisnis, tidak ada orang lain yang bisa kita serahkan tanggung jawabnya karena kita adalah bosnya. Jika menjadi seorang karyawan, maka masih ada atasan yang dapat menyelesaikan masalahnya. Kalian salah padahal jika kalian menjadi seornag bos, maka kalian akan menyerahkan tanggung jawab kalian pada karyawan kalian sendiri. Memang apda akhirnya kalian yang akan banyak pikiran, namun jika berhasil, maka kalian yang akan mendapatkan banyak benefitnya.

Semuanya sih tergantung dari keinginan kalian masing-masing. Menjadi seorang pengusaha maupun menjadi seorang karyawan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang terpenting bagaimana sikap diri kita sendiri dan juga kebutuhan kita sendiri.

Penulis: Blue 17

Comment di sini