Hilangkan Trauma Masa Lalu

by
May 4th, 2015 at 2:45 pm

CiriCara.com – Apa yang dimaksud dengan trauma? Trauma adalah sebuah kejadian atau pengalaman masa lalu yang ternyata menyakitkan karena hal tertentu sehingga membuat orang tersebut merasa tidak ingin kembali ke masa-masa dan situasi seperti itu lagi. Trauma seringkali menghambat berbagai hal dalam hidup kita.

trauma

Trauma – Ist

Lalu apa saja kerugian dari adanya trauma dalam kehidupan kita? Berikut beberapa kerugian dari menyimpan trauma dalam kehidupan kita.

1. Menyisakan Ketakutan dan Kepahitan

Tentunya trauma baik pada kejadian tertentu atau karena seseorang membuat kita mempunyai rasa takut yang spesifik yang bahkan orang lain tidak bisa merasakan ketakutan dan trauma yang kita rasakan. Kita hanya akan merasa takut jika hal tersebut kembali dalam kehidupan kita. Bahkan jika hal tersebut belum terjadi namun ada beberapa kejadian dan hal yang mendekati trauma kita, hal tersebut tentu membuat kita tetap merasa takut dan ternyata juga menyimpan kepahitan dalam hati kita karena pengalaman yang begitu menyakitkan yang pernah terjadi dalam kehidupan kita.

2. Membuat Kita Susah Melangkah

Hal ini membuat kita menjadi susah untuk menlangkah maju, yang ada dalam pikiran kita hanyalah bagimana jika kejadian tersebut terulang. kita terlalu berhati-hati dan terkadang bersikap terlalu curigaan sehingga membuat kita susah untuk melakukan hal baru di depan kita.

3. Selalu Membuat Kita Flasback Masa Lalu

Yang teringat hanyalah kejadian pahit yang menyakitkan kita. Hanyalah hal yang membuat kita merasa takut saat itu. Namun sadarkah kalian semua itu hanyalah masa lalu yang merugikan diri kalian sendiri. Hal tersebut hanya membuat kalian selalu menengok ke belakang dan selalu berprasangka bahwa kejadian masa lalu yang selalu akan terjaid di dalam kehidupan kita saat ini maupun di dalam kehidupan kita masa mendatang.

Janganlah terfokus kepada trauma yang ada pada diri kalian. Lakukan hal yang bisa membuat kalian melupakan trauma tersebut sehingga kalian terbiasa, Karena dengan danya trauma, hal tersebut hanya akan membuat kita susah untuk melihat masa depan dan selalu menengok masa lalu. Padahal kejadian masa lalu belum tentu akan terjadi lagi di dalam kehidupan kita di masa yang akan datang.

Penulis: Blue17

Artikel lainnya: Cara Atasi Trauma Setelah Keguguran

Comment di sini