4 Cara Merawat Gigi Berlubang

by
May 5th, 2015 at 9:18 am

CiriCara.com – Gigi berlubang atau sering disebut dengan ‘karies’ merupakan gigi yang disebabkan biasanya karena adanya kerusakan gigi. Pembentukan karies dikarenakan adanya timbunan plak dan bakteri di permukaan gigi, cara merawat gigi yang buruk, kekurangan mineral makanan yang sering dikonsumsi.

Menggosok Gigi

Menggosok Gigi – Ist

Kondisi gigi berlubang biasanya tidak dapat disembuhkan secara singkat akan tetapi didapat dengan perawatan dari dokter spesialis gigi yang biasa disebut dengan terapi florida, ditambal atau dicabut. Tetapi ada sebagian orang yang melakukan perawatan gigi secara mandiri dengan cara mengkombinasikan pola makan disertai dengan remineralisasi gigi.

Ada beberapa hal dan solusi yang tepat dalam rangka menghindari gigi berlubang sedini mungkin adalah sebagai berikut:

  1. Kenali gejala gigi berlubang. Sangatlah penting untuk mengetahui gejala-gejala gigi berlubang sedini mungkin, dengan demikian bagi yang diketahui dengan tanda tersebut maka kita dapat mengambil keputusan untuk berusaha mengatasi serta mencegah gigi berlubang tersebut mengalami pembengkakan dan diselingi dengan nyeri gigi. Nyeri gigi ditandai dengan bila kita menggigit maka akan terasa nyeri, ciri lain ada tanda kehitaman pada permukaan gigi berlubang tersebut.
  2. Melakukan terapi florida. Terapi ini dilakukan pada tahap awal, bila terjadi adanya lubang karena dengan florida akan memperbaiki dengan cepat kerusakan pada gigi. Perawatan ini dengan menggunakan gel, pasta atau larutan yang berguna untuk melapisi gigi sekaligus dapat memperkuat enamel gigi. Pengobatan dengan cara pemberian florida dilakukan oleh dokter spesialis gigi yaitu dengan cara seperti mengoleskan langsung pada gigi atau permukaan disesuaikan dengan bentuk gigi.
  3. Penambalan gigi. Tambalan  dilakukan sebagai pemulihan dan dilakukan saat kerusakan gigi sudah mencapai ke dalam enamel dan sudah permanen. Tindakan dari dokter gigi adalah membersihkan terlebih dahulu lubang dengan cara dibor, kemudian gigi yang berlubang ditambal dengan tambalan yang mirip dengan gigi.
  4. Selalu berkunjung ke dokter gigi. Pemeriksaaan gigi sebaiknya dilakukan paling sedikit 2 kali dalam setahun. Tetapi apabila diketahui ada gigi yang berlubang dan sakit, maka tidak harus menunggu 6 bulan ke dokter gigi, lakukan secepatnya agar gigi tidak berlubang secara menyeluruh dan bengkak.

Penulis: MasArif

Comment di sini