4 Manfaat Bisa Menerima Kritikan

by
May 5th, 2015 at 9:01 am

CiriCara.com – Seorang teman saya sangat tidak suka menerima orang lain untuk menakan kekurangannya. Bahkan ia kerap marah jika ada seseorang yang mencoba memberinya saran. Halle Berry berkata bahwa “Anda tidak berhak dipuji kalau tidak bisa menerima kritikan”.

Menerima Kritik

Ist

Hal tersebut disampaikan Berry pada saat penerimaan penghargaan di ajang Oscar tahun 2004. Kenapa Berry menyampaikan hal mengenai kritikan pada saat acara yang sangat besar itu berlangsung. Pastinya kritikan mempunyai peran yang penting dalam kehidupannya. Berikut beberapa hal tentang pentingnya dalam menerima kritikan.

1. Mengetahui Kekurangan Kita

Setiap manusia memang tidak ada menjadi pribadi yang sempurna. Karena itu setiap manusia pasti memiliki kekurangan. Karena itulah pentingnya kritikan. Kita jadi bisa mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan kita dalam melakukan suatu hal di dalam kehidupan ini.

2. Memperbaiki Kesalahan

Kita sudah menerima kritikan kita. Kita mendengarnya dengan baik dari orang lain mengenai kekurangan kita. Hal tersebut dapat kita jadikan dasar dalam memperbaikinya. Memang kita sebagai manusia tidak ada yang sempurna. Namun dengan adanya kritikan, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Karena sepanjang hidup ini, tidak akan sudah dan cukup waktu kita dalam memperbaiki diri kita.

3. Lebih Baik dari Orang Lain

Kita bisa menjadi lebih baik dari orang lain. Karena biasanya kritikan yang diberi selain dengan mengungkapkan kekurangan kita, tentunya dengan membandingkan dengan orang lain. Kita bisa mengukur bagaimana kemampuan kita dengan kemampuan orang lain dengan penerimaan kritik tersebut. Jadi dengan demikian kita bisa menjadi pribadi yang lebih maju daripada orang lain.

4. Mengendalikan Diri

Jika kita sudah bisa menerima kritikan, berarti satu lagi hal yang telah kita lakukan yaitu mengendalikan diri kita. Karena pada umumnya kritikan adalah sesuatu hal negatif tentang diri kita. Tentunya dengan bisa menerima kritikan berarti kita sudah menang atas diri kita sendiri dalam mengendalikan diri kita.

Semuanya harus kita lakukan dan terima dengan sukacita dan sebaik-baiknya. Jadikanlah kritik menjadi bantu loncatan kalian untuk semakin maju, bukan malah menjadi batu sandungan kalian untuk terjatuh dna tak bangkit lagi.

Penulis: Blue17

Comment di sini